Nge-game Asyik Di Lebaran

MALANG –  Anda suka mengasah otak dengan bermain game? Game Of  War bisa menjadi pilihan. Game ciptaan Machine Zone Inc ini bisa menjadi alternative pengguna android untuk mengasah otak. Itu karena di game ini, pemain tidak sekedar menjadi kaisar yang memimpin sebuah kerajaan, tapi juga mampu mengatur semua permainan yang ada dalam game.
Mario Hamzah salah seorang yang memainkan game inipun menceritakan permainan ini. Kepada Malang Post, dia mengatakan pemain berperan sebagai kaisar kerajaan romawi yang bertugas untuk mengatur ketersediaan sumber daya alam (SDA) di kerajaan dipimpin sekaligus mengatur kekuatan militer di negara tersebut.
Sumber daya alam di kerajaan terdiri dari batu, kayu, besi, padi, dan pemain dapat menambah kekayaan sumber daya alam tersebut dengan cara membangun pabrik-pabrik yang berkaitan dan tentu saja pabrik-pabrik tersebut dapat diperoleh dengan cara upgrade supaya produktivitasnya semakin tinggi.
“Sumber daya alam juga bisa diperoleh dengan cara yang kedua yaitu dengan menjarah sumber daya alam milik kerajaan player lain atau dengan mengambil kekayaan di pertambangan-pertambangan di world map. Namun untuk satu ini harus memiliki keahlian, jika tidak ingin kerajaan kita diserang, lantaran ketahuan melakukan penjarahan,’’ katanya.
Sementara dalam hal pembangunan kekuatan militer, game ini mirip-mirip dengan game simulation sejenis. Di mana pemain harus membangun sebuah barrack terlebih dahulu kemudian dari barrack tersebut bisa menciptakan pasukan-pasukan yang dapat digunakan untuk menyerang kerajaan lain, melindungi kerajaan dari serangan musuh, atau mengambil kekayaan pertambangan di world map.
“Pada game ini tidak ada fitur seperti tower defense yang ditawarkan seperti Clash of Clans ketika menyerang atau diserang musuh pada game ini, strategi yang bisa kamu pakai di game ini murni hanya melihat kelemahan musuh sambil menentukan seberapa banyak pasukan yang dipakai untuk menyerang atau bertahan,’’ kata pria asal Kedungkandang ini sembari mengatakan untuk fitur, Game Of war tidak berbeda dengan game-game lain.
Fitur unggulan yang ditekankan game ini adalah fitur chattingnya yang mencakup automatic translation antar bahasa. Misalnya apabila saya mengetik pesan dalam Bahasa Indonesia di dalam chat bar maka ketika saya kirim,  pesan tersebut akan sampai ke para player di seluruh dunia dalam bahasa ibu mereka (tegantung settingan in-game mereka).
Hal yang menarik lainnya yang patut mendapat apresiasi khusus adalah soal alur pada game ini. Alur di game ini tergolong cepat. Tidak seperti game sejenis yang mana waktu kamu lebih banyak dalam menunggu dalam pembangunan pabrik atau pelatihan pasukan, kamu akan lebih sering ‘aktif’ di game ini.
Untuk soal bonus gift, game ini tergolong sangat murah hati. Setiap jam kamu akan mendapatkan secret gift yang isinya random antara sumber daya alam, penambah kecepatan, koin, atau barang IAP. Selain itu, setiap hari kamu akan mendapatkan kesempatan untuk melakukan roulette yang memungkinkan kamu mendapat sumber daya alam dalam jumlah besar, cukup menarik. “Versi terakhir game ini di android adalah 2.6.234, diunggah pada 30 Juni 2014. Pada versi terbaru ini, pemain akan lebih banyak menemukan hal baru, sehingga game ini kian asyik untuk dimainkan, terutama saat menghabiskan waktu luang pada masa libur lebaran ini,’’ tandas Mario. (vik/feb)