Lebaran Didominasi SMS dan Data

Layanan data masih menjadi favorit pengguna ponsel. Itu terbukti, pada lebaran kali ini, layanan data sejumlah operator mengalami peningkatan yang signifikan  saat lebaran. Meningkatnay pengguna smartphone dan paket layanan data yang ditawarkan operator menjadi salah satu faktor penyebabnya.
XL salah satunya.  operator dengan jumlah pelanggan 65 juta ini mengalami peningkatan trafik yang tajam untuk layanan data sejak H-2. Dalam release yang disampaikan, H-2  lebaran, layanan data XL naik 26.1 persen, sedangkan H-1 layanan data XL mengalami kenaikkan 27.7, sedangkan hari H lebaran, trafik untuk layanan data XL mengalami kenaikan 12.3 persen. 
“Hari biasa layanan data kami  terpakai 325 Terabytes per hari.  Pada lebaran lalu mengalami kenaikan 26.1 persen  atau 410 Terabytes pada H-2,  415 Terabytes pada H-1 atau naik 27.7 persen, dan 365 Terabytes pada hari H atau naik 12.3 persen,’’ kata Direktur Service Management XL, Ongki Kurniawan.
Dalam release yang disampaikan, layanan data tahun ini juga meningkat dari lebaran tahun sebelumnya. Dituliskan, pada H-2 lebaran tahun 2013 layanan data terpakai 240 Terabytes, H-1 245 Terabytes sedangkan hari H lebaran layanan data terpakai 225 Terabytes.
“Layanan data tetap menjadi favorite pelanggan dalam berkomunikasi, atau menyampaikan pesan Idul Fitri kepada saudara, handai taulan, ataupun relasi. Pilihan penggunaan layanan data ini tentunya karena didorong oleh semakin mudahnya penggunaan dengan beragam aplikasi yang tersedia, seperti Facebook, Twitter, Path, WhatsApp, Line ataupun BBM,’’ katanya.
Kondisi yang sama juga terjadi di Telkomsel. Kenaikan paling signifikan terjadi pada H-1 lebaran. Tidak main-main, kenaikan tersebut hingga 129 persen dari hari-hari biasa. Hal ini disampaikan oleh Head of Corporate Comunications Telkomsel, Andik Setiawan.
“Pada H-1 lebaran, layanan data Telkomsel menjadi 657 kTerabytes. Dibandingkan dengan hari yang sama pada tahun sebelumnya meningkat 16 persen,’’ katanya.
Kenaikan serupa juga terjadi pada layanan SMS. Pada hari biasa, trafik percakapan SMS melalui operator XL mencapai 700 SMS . Pada H-2 lebaran layanan SMS mengalami peningkatan 1,4 persen,  sedangkan H-1 lebaran meningkat hingga 12. 1 persen, dan hari H lebaran meningkat 9.3 persen.
Sedangkan Telkomsel, pada H-1 lebaran, menuliskan terjadi kenaikan 4 persen untuk layanan SMS yaitu menjadi 1.01 miliyar.Sementara untuk layanan voice justru mengalami penurunan. Dalam data yang disampaikan, pada hari biasa layanan voice XL mencapai  510 juta menit per hari. Sedangkan pada hari H-2 lebaran mengalami penurunan hingga 9.8 persen atau hanya 460 juta menit, H-1 lebaran mengalami penurunan hingga 13.7 persen yakni hanya 440 menit, dan saat hari H penurunan hingga 7.8 persen yaitu 470 menit.
Tren penurununan layanan voice juga dialami oleh Telkomsel. Dalam releasenya disebutkan, layanan voice turun hingga 2 persen saat H-1 lebaran, yaitu menjadi  1.1 miliar menit.
“Layanan SMS masih mengalami tren kenaikan saat lebaran, tapi untuk voice mengalami penurunan,’’ kata Ongki. Bahkan,  Onki menyebutkan angka layanan voice tersebut juga menurun dibandingkan dengan lebaran tahun sebelumnya. “Lebaran tahun 2013 lalu, H-2 lebaran layanan voice mencapai 560 juta menit, H-1 550 juta menit, dan hari H 580 juta menit,’’ tandasnya.(vik/fia)