Zenfone 4 dan 5 Langka

MALANG – Dua ponsel Asus menjadi benda langka, Zenfone 4 dan Zenfone 5. Keduanya sulit dicari. Kalaupun ada, dua ponsel ini dijual dengan harga lebih tinggi dari harga resmi.  Seperti Zenfone 4, ponsel dengan layar  4 inci ini dibanderol dengan harga Rp 1.3 – 1.5 juta. Padahal harga resmi ponsel ini saat dirilis pertengahan Juni lalu hanya Rp 1.099.000. Sedangkan Zenfone 5, di pasaran dibanderol dengan harga Rp 2,5- Rp 2,8 juta Atau lebih mahal Rp 400 – Rp 700 ribu dari harga resmi saat dirilis yakni Rp 2.099.000.
“Ada stok untuk Zenfone 5, tapi harganya Rp 2,8 juta, sedangkan Zenfone 4 harganya Rp 1,35  juta’’ kata pemilik Karna Jaya Cellular, Badri kepada Malang Post.
Badri mengaku tidak mengetahui kelangkaan unit dua ponsel Asus ini. Namun begitu, dia memperkirakan, volume produk yang beredar dalam jumlah terbatas merupakan salah satu strategi Asus untuk menjaga kestabilan harga, termasuk saat purna jual.
“Permintaan banyak, tapi unitnya tidak ada, hukum pasar yang jalan. Sudah pasti, harganya lebih mahal,’’ katanya.
 Senada dikatakan oleh Head Store Erafone, Trie Hermawan. Kepada Malang Post mengatakan tidak ada stok untuk dua ponsel ini. “Beberapa waktu lalu, kami sempat mendapat lima unit, untuk Zenfone 5 tapi langsung laku dalam sehari itu,’’ katanya.  
Trie yang sempat membuka unit Zenfone 5 mengakui kelebihan ponsel dengan luas layar 5 inci ini. salah satunya adalah User Interface (UI). Ponsel yang mengusung prosesor intel seri Z2560 1.6 GHz dengan teknologi Treading Tecnology ini dibekali dengan Asus ZenUI.  ZenUI merupakan antar muka yang dikembangkan Asus, dimana icon-icon pada layar dirancang dengan sangat sederhana, dan sangat membantu pengguna melakukan pengaturan data, aplikasi, dan lainnya.
“Pada tampilan layar, Asus juga melengkapi Zenfone 5 dengan Omlet Chat ON, yang berfungsi sebagai media sosial dengan fitur chatting atau mengirim foto, atau data apapun. Ada juga aplikasi Asus Email App, dan Asus Supernote, sudah terpasang pada ponsel, guna memudahkan para penggunanya,’’ urai dia panjang lebar.
Dia juga mengatakan, selain aplikasi di atas, masih banyak aplikasi-aplikasi lain yang dapat diunduh pengguna Zenfone 5 melalui Google Play Store, baik gratis maupun berbayar.
Selain tampilan layar, Trie mengatakan yang membuat Asus Zenfone 5 lebih keren adalah perangkat ini dilengkapi dengan kamera utama 8 megapiksel. Kamera tersebut tidak hanya mampu mengambil foto berkualitas tinggi, tapi juga mampu merekam video full HD 1080HD dengan 30fps.
Sedangkan untuk soundnya, ponsel ini dilengkapi dengan sound berteknologi Sonic Master. Menurut Trie, sound tersebut mampu menciptakan suara berkualitas lebih jernih dan bass lebih dalam.
“Saat digunakan bermain game atau menonton film, suara yang keluar betul-betul menggelegar,’’ tandasnya.
Secara umum, Asus Zenfone 5 dibekali dengan spesifikasi layar In Plane Switching (IPS)  5 inci. Layar tersebut dilindungi dengan gorilla glass. Mesinnya, perangkat ini dibekali dengan prosesor intel Z2560 1.6 GHz, dengan Threading Tecnology. Asus juga menyediakan memory internal perangkat ini seluas 8 GB, dan RAM 2 GB. Di sisi fotografi, perangkat ini dibekali dua kamera. Kamera utama 8 megapiksel, dan kamera depan 2 megapiksel. Ponsel ini berjalan dengan Operating Sistem Android 4.3 Jelly Bean.(vik/fia)