1,5 Miliar Muslim Aktif di Twitter Selama Ramadan

JEJARING sosial Twitter menjadi salah satu ajang eksistensi bagi lebih dari 1,5 miliar umat muslim di seluruh dunia saat merayakan Idul Fitri dan menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan.
Dalam rilis yang dikutip pada Sabtu (2/8/2014), Twitter menyatakan umat muslim di seluruh dunia merayakan #Eid al-Fitri dengan memberikan ucapan selamat dan doa #EidMubarak kepada para kerabat dan sahabat melalui Twitter.
Tercatat, selama bulan suci #Ramadan, sedikitnya terdapat 215 juta Tweet yang membahas berbagai topik seperti #iftar, #suhour dan #prayers.
“Melihat data di negara-negara yang berpenduduk mayoritas muslim, kami melihat bahwa volume tweet turun tajam setelah matahari terbenam dan mengalami rebound tak lama kemudian,” kata Twitter.
Diperkirakan hal ini disebabkan oleh waktu untuk berbuka puasa dan makan, masyarakat offline untuk menghabiskan waktu dengan keluarga mereka. Pada beberapa negara terlihat puncak volume tweet sekitar matahari terbit, dekat waktu sahur dan salat Fajar.(dtc/fia)