Charger Kini Bisa Charging Banyak Ponsel

MALANG – Maraknya kehadiran ponsel dan gadget dimanfaatkan pabrikan elektornik untuk menciptakan perangkat pendukung. Tidak hanya menciptakan power bank, atau ear phone, pabrikan juga menciptakan adapter, yang berfungsi untuk melakukan pengisian baterai pada gadget. Seperti ponsel, pabrikan menciptakan adapter ini dengan berbagai varian. Tentunya, agar konsumen tertarik.
Seperti adapter imut besutan perusahaan Tiongkok yang hadir dengan pilihan warna ceria. Selanjutnya disusul dengan, adapter berlampu yang bisa menyala saat disambungkan pada colokan listrik. Tapi seiring perkembangannya, kini hadir, adapter yang dilengkapi dengan port USB lebih dari satu. Tak ayal, kehadiran adapter inipun menarik perhatian, terutama para pengguna gadget yang membawa gadget lebih dari satu.
“Membawa dua  ponsel atau lebih, saat bepergian tidak perlu membawa banyak adapter. Cukup membawa satu charger saja,’’ kata Marketing Perdana Cell, Malang Town Square (Matos), Novita Sari.
Menariknya, dengan adapter multi port USB ini, pengguna tidak perlu bergantian colokan listrik untuk melakukan pengisian baterai. Karena dengan satu colokan listrik, dan satu adapter pengisian bisa dilakukan bersamaan.
“Mau melakukan pengisian 4 ponsel sekaligus bisa. Tinggal menyambungkan kabel dari port USB ke ponsel, saat itu juga pengisian baterai bisa dilakukan,’’ kata Novi.
Pengguna juga tidak perlu repot melakukan pengecekan. Itu karena charger ini dibekali dengan lampu indicator. Dengan begitu, pengguna bisa melihat colokan USB mana yang sedang bekerja. “Saat digunakan melakukan pengisian ada lampu warna merah berkedap kedip. Lampu LED hijau seketika muncul jika kondisi baterai sudah penuh,’’ tambahnya.
Untuk pengaturan arusnya, Novi pun mengatakan, untuk adapter dual USB masing-masing menggunakan arus 1A, dan 2.1 A. Sedangkan adapter dengan empat USB, masing-masing mampu mengeluarkan daya 1A.  Namun begitu, daya tersebut langsung berubah, jika yang digunakan hanya dua port. “Jika hanya menggunakan dua port, dayanya masing-masing port bisa 2A,’’ kata Novi.
Seperti adapter pada umumnya, waktu pengisian tergantung dengan kapasitas baterai yang terpasang pada ponsel, tablet atau gadget yang diisi. “Kalau hanya dua colokan, pastinya pengisian akan lebih cepat. Tapi kalau dipakai semuanya pasti sedikit lebih lama,’’ urainya.
Dia juga mengatakan, adapter ini bisa digunakan untuk baterai berkapasitas mulai dari paling kecil hingga paling besar. Atau mulai dari baterai berkapasitas 200 mAh hingga tak terbatas. Perangkat ini betul-betul mampu mengisi ulang dengan baik.
“Kalau bisa praktis mengapa harus ribet,’’ katanya, sembari mengatakan untuk adapter multi USB ini dibanderol dengan harga mulai Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu.(vik/fia)