Kuartal III, Smartphone Serbu Pasar

Pasar smartphone dunia semakin meningkat. Kuartal kedua tahun ini, kenaikannya mencapai 23,1 persen dengan raihan 295.3 juta unit hanya di kuartal ini.
Data dari IDC ini menunjukkan pertumbuhan yang cukup besar di pasar smartphone dunia. Hal ini dipicu dengan semakin tingginya kebutuhan akan komputasi mobile dan menjamurnya smartphone berharga murah. Demikian dikutip melalui Cellular News beberapa waktu lalu.
Pengapanan pada kuartal kedua ini sesuai dengan prediksi sebelumnya yang dilontarkan IDC dan hampir semua perusahaan analis. Mereka memprediksi pasar smartphone akan terus meningkat di paruh kedua tahun ini, melebihi angka 300 juta unit di kuartal pertama tahun 2014.
"Jumlah di kuartal kedua ini membuktikan jika pasar smartphone memiliki banyak kesempatan dan momentum,"ujar Program Director IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, Ryan Reith.
Menurut Reith, saat ini ada sekitar belasan vendor yang akan bersaing untuk bisa menduduki posisi 5 besar pasar smartphone dunia di kuartal ketiga 2014. "Mereka memiliki kesempatan yang sama," ujar Reith.
Meskipun kuartal ini cukup menantang bagi Samsung, dan juga Apple, kebutuhan pasar yang besar memberikan efek yang mengejutkan bagi vendor smartphone lain, khususnya vendor lokal yang bermain di pasar negara berkembang.
"Di antara vendor ternama di negara tersebut, kebanyakan adalah Original Equipment Manufacture (OEM) dari TIongkok. Huawei merupakan vendor dengan peningkatan terbesar dibanding tahun lalu, diikuti oleh Lenovo.
Samsung masih menunjukkan kekuatannya bertengger di posisi pertama. Ini dikarenakan Samsung memiliki banyak flagship, seperti Galaxy S5, S4 dan S3 yang berada di pasar. Namun secara keseluruhan, Samsung kehilangan 7 persen pangsa pasarnya dibanding tahun lalu. Untuk mempertahankan posisinya, menurut IDC, Samsung harus memfokuskan diri untuk membangun momentum di pasar yang didominasi merek lokal.
Kuartal kedua setiap tahunnya selalu menunjukkan penurunan bagi Apple. Namun IDC memprediksi iPhone 6 yang akan dikeluarkan Apple mampu memberikan 'nafas' baru. Pasalnya, Apple fan boy sedang menunggu iPhone dengan layar lebih besar. Apple masih berjaya di wilayah BRIC (Brasil, Rusia, India dan China).
Data IDC menunjukkan, lima besar vendor smartphone dunia terdiri dari Samsung, Apple, Huawei, Lenovo, dan LG. Lima vendor tersebut berkontribusi sekitar 55 persen saja, atau sekitar 160 juta unit dari total smartphone yang dikapalkan kuartal ini. Sisanya, sebanyak 45 persen masih didominasi oleh smartphone merek lokal.(viv/ary)