Reinkarnasi Ponsel dan Tablet

MALANG – Sebelum menciptakan tiga seri ponsel yakni Zenfone 4, Zenfone 5 dan Zenfone 6, Asus lebih dulu eksis dengan produk tablet. Salah satu tablet yang dikenalkan dan cukup mendapat perhatian adalah Padfone tahun tahun 2013 lalu. Perusahaan asal Taiwan ini mereinkarnasi Padfone lewat Padfone Mini.
Seperti pendahulunya, dalam paket penjualan Padfone mini, Asus menyertakan dua perangkat sekaligus yakni tablet dengan luas layar 7 inci dan satu unit Zenfone 4.  Marketing Original Shop Yulia menguraikan, tablet yang disertakan pada paket penjualan tersebut sebetulnya tidaklah murni sebuah tablet . Tablet tersebut lebih tepat dikatakan sebagai sebagai sebuah dock­ing, yang dibagian belakangnya terdapat sebuah slot atau dudukan untuk meletakkan smartphone.
Dengan kata lain, ASUS Padfone  mini ini dapat digunakan sebagai smartphone biasa tapi juga bisa digunakan sebagai tablet.
“Saat ingin memfungsikan sebagai perangkat ponsel tinggal melepasnya saja, sebaliknya jika ingin memfungsikannya sebagai tablet tinggal memasang ponsel pada slot yang ada,’’ katanya.  Dua fungsi ini akan sangat memudahkan pengguna dalam menjalankan aktifitas, tanpa perlu membawa banyak perangkat.
Sementara sebagai smartphone, yang digunakan adalah Zenfone 4. Ponsel ini dibekali dengan layar seluas 4 inci. Layar yang digunakan adalah jenis In Plane Switching + (IPS+)  dengan resolusi 800 x 480. memiliki spesifikasi Ponsel pintar ini menggunakan OS Android Jelly Bean 4.3 dan dikabarkan akan menerima update Android KitKat 4.4.
Untuk dapur pacunya, Padfone Mini membenamkan prosesor Intel Atom Z2560 berkecepatan 1.6GHz yang ditunjang oleh RAM 1GB dan memori internal 8GB. Ada pula dukungan slot microSD hingga 64GB. Di bagian belakang, terdapat kamera 8 Megapiksel dan kamera sekunder 2 Megapiksel di bagian depan.
“Sementara untuk dock tabletnya, mendukungan layar berukuran 7 inchi berteknologi IPS+ dengan resolusi 1280 x 800 piksel,’’ katanya. Namun begitu, perangkat yang dibanderol dengan harga Rp 3.45 juta ini dibekali dengan kapasitas baterai yang kecil yaitu 1200 mAh. Sehingga bagi pengguna yang memiliki mobilitas sangat tinggi harus menyiapkan baterai tambahan, atau charger portable, terutama saat bepergian.(vik/ary)