Tips Hapus Nomor Ganda Android

MALANG – Hadirnya Operating Sistem (OS) Android pada perangkat seluler maupun tablet memberikan dampak positif. Itu karena dengan OS besutan Google ini pengguna bisa mendapatkan banyak aplikasi baik gratis maupun berbayar, guna memudahkan kinerja. Namun kehadiran OS ini juga sedikit memiliki dampak negatif.
Salah satunya, adalah penampakan nama dan nomor telepon ganda pada ponsel.  Bahkan, nomor ganda tersebut jumlahnya bisa mencapai enam, sehingga selain menyulitkan, nomor ganda tersebut juga memusingkan.
Kondisi inilah kemudian dimanfaatkan sejumlah pembuat aplikasi, untuk menciptakan aplikasi yang berfungsi merapikan kontak tersebut dari kegandaan. Salah satu aplikasi tersebut adalah Contacts Utility (Utility Tools). Menggunakan aplikasi ini, pengguna android bisa langsung membersikan nomor kontak yang ganda.
Kinerjanya pun sangat sederhana. Pengguna cukup melakukan download aplikasi tersebut, kemudian memilih menu untuk aktifitas selanjutnya. Ada beberapa menu atau pilihan yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini. Pertama menu Duplicate Contac’s Detector.
Jika menu ini disentuh, secara otomatis langsung mendeteksi nomor-nomor yang ganda. Langkah selanjutnya, pengguna menyentuh menu Duplicate Remover dimana nomor-nomor ganda tersebut seketika akan dihapus.
Bukan itu saja, pengguna juga bisa menghapus nama email yang sama, tanpa perlu ribet. Dengan sekali sentuh, nama email-email ganda langsung terhapus.
“Umumnya orang khawatir saat ingin membersihkan kontak ganda karena takut kontak teleponnya hilang. Tapi dengan aplikasi ini semua itu bisa teratasi,’’ kata Elfian Effendi.
Pria yang bekerja sebagai teknisi di salah satu conter ponsel ini mengatakan, menggunakan Tools Utility, pengguna tidak perlu kawatir karena nomor yang terhapus itu sejatinya tidak terhapus, melainkan terback up dan tersimpan pada memory telepon. Sehingga saat pengguna kehilangan kontak, nomor back up tersebut bisa langsung dipanggil, dan dimasukkan kembali. “Nomor kontak ganda sebabnya adanya singkronisasi ponsel dengan berbagai aplikasi lain, seperti email, media sosial dan lainnya. Untuk menghapus satu persatu perlu waktu. Makanya ada aplikasi ini,’’ tandasnya.(vik/ary)