Memaksimalkan NFC Sony Xperia M2

MALANG – Beberapa waktu lalu Sony mengenalkan produk terbarunya, yakni Sony Xperia M2. Ponsel ini tidak hanya hadir dengan dua versi yakni single dan dual SIM. Tapi juga dibekali  dengan fitur yang menarik. Salah satu fitur yang membuat ponsel ini tidak bisa dipandang sebelah mata adalah adanya Nier Field Communication (NFC).  Sambungan NFC ini sengaja ditanam Sony pada Xperia M2 guna memudahkan penggunanya dalam melakukan transfer data.
“Untuk generasi pertama yaitu Xperia M tidak ada sambungan NFC, termasuk di Xperia C juga tidak mendukung NFC. Baru Xperia M2 ini, NFC di tanam,’’ kata promotor Sony Ruly Andini.
Ruli mengatakan, Xperia M2 bukanlah pertama yang mendukung sambungan ini. Karena sebelumnya, Sony juga sudah menanam sambungan NFC pada perangkat lainnya, yakni Xperia Z, Xperia L dan lainnya.
Terkait dengan NFC serta fungsinya, gadis berambut panjang inipun menjelaskan dengan panjang lebar. NFC merupakan salah satu teknologi kumunikasi antar gadget yang menggunakan sistem RFID (Radio  Frequency Identification).
Kinerja NFC sekilas sama dengan sambungan Bluetooth yang sudah umum ditanam pada perangkat ponsel. Bedanya hanya pada jangkauan serta kecepatan transfer. Menurut Ruly, menggunakan NFC pengguna cukup menempel ponsel dengan perangkat lain (penerima data). Data pun akan tertranfers dengan cepat.
 “Contohnya mau mentransfer foto dari Sony Xperia M2 dengan Xperia Z, tinggal tempel dua ponsel tersebut, file foto seketika terkirim, setelah NFC masing-masing ponsel diaktifkan,’’ urainya.
Dia menjelaskan sambungan NFC ini tidak mengenal pairing, seperti Bluetooth, sehingga tidak banyak menguras energy.
“Kelebihan lain, NFC pada Xperia M2 ini bisa berfungsi sebagai alat pembayaran. Tapi begitu, di Indonesia, belum mendukung, sehingga fungsi NFC pada ponsel masih seputar transfer data,’’ bebernya.
Sementara untuk spesifikasi secara umum dijelaskan Ruly Xperia M2 merupakan ponsel dengan layar seluas 4.8 inci. Layar yang digunakan adalah jenis TFT mendukung 16 juta warna dengan resolusi 520 x 960 piksel dan kepadatan warna mencapai 229 ppi.  Ponsel ini hadir dengan dua versi, yakni single dan Dual SIM.
Untuk kinerjanya, perangkat ini cukup lumayan. Pengguna bisa melakukan multitasking dengan mudah, tanpa khawatir ponsel lemot atau ngadat. Kondisi tersebut karena kinerja ponsel ini didukung dengan prosesor Quad Core 1.2 GHz Cortex A7 Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400, yang disupport dengan GPU Adreno 305 serta memori RAM 1GB. Ponsel yang bekerja dengan Operating Sistem Android versi 4.3 Jelly Bean tersebut memiliki wadah penyimpanan seluas 8 GB, yang dapat diekspansi hingga 32 GB menggunakan Micro SD Card.
Di sisi fotografi, ponsel ini dilengkapi dengan dua kamera. Kamera utama di belakang Sony menanamkan lensa berkekuatan 8 megapiksel, autofocus, LED Flash. Teknologi Exmor RS yang ditanam pada kamera memberikan efek gambar halus, jernih dan warna yang tajam. Sementara untuk kamera depannya, ponsel ini mendukung lensa lensa VGA. Sementara untuk baterainya, Sony menanam baterai berkapasitas 2300 mAh. “Untuk harga resmi Xperia M2 single Rp 3.099.000 sedangkan Dual SIM Rp 3.199.000,’’ tandas Ruly.(vik/ary)