Windows 7 Superior, Windows 8 Masih Melempem

Meski Microsoft gencar menggembar-gemborkan Windows 8.1, nyatanya kalangan perusahaan masih lebih memilih Windows 7. Bahkan dibanding Windows XP sekalipun, OS teranyar Microsoft itu masih harus rela berada di bawahnya.
Berdasarkan data yang dirangkum dari Netmarketshare dan StatCounter, hingga bulan Juli 2014, Windows 7 masih yang paling mendominasi dengan market share hingga 51,22 %. Sementara Windows XP yang telah dihentikan dukungannya oleh Microsoft berada di posisi runner-up dengan porsi 24,82%.
Namun bila dilihat dari perhitungan sejak bulan Oktober 2013 lalu, porsi Windows XP menunjukkan penurunan dari yang sebelumnya 31,24%. Tapi tetap saja lebih mendominasi dibanding Windows 8 dan Windows 8.1 dengan pangsa pasar di bawah 7%.
Masih besarnya pengguna Windows XP sekaligus membuktikan bahwa meski dukungan terhadap sistem operasi tersebut telah dihentikan namun para penggunanya tetap tak bergeming. Padahal berbagai jenis ancaman malware siap menanti.
Tiongkok menjadi salah satu negara yang masih setia dengan Windows XP. Bahkan mereka membuat tim khusus yang ditugaskan untuk membuat aplikasi perlindungan sistem operasi tersebut. Jalan ini terpaksa ditempuh karena Windows 8 masih dianggap mahal di Negeri Panda itu.
Keputusan untuk menghentikan dukungan terhadap Windows XP pada 8 April lalu memang sempat menerima berbagai penolakan. Selain pemerintah Tiongkok, di Inggris dan Belanda juga menyuarakan hal sama.
Tapi bedanya, mereka rela membayar hingga Rp 103 miliar untuk ikut dalam program khusus perlindungan Windows XP yang dibuat Microsoft. (dt/feb)