Nyaman, BBM Menggunakan Nokia Lumia

MALANG – Beberapa hari lalu, BlackBerry Messenger (BBM) resmi hadir di perangkat Nokia Lumia berbasis Windows Phone. Meskipun masih dalam versi beta, namun ketersediaan aplikasi chatting milik BlackBerry ini disambut positif. Tidak hanya oleh pengguna ponsel Nokia Lumia, tapi juga para pihak penjualan ponsel. Mereka yakin, adanya aplikasi ini akan meningkatkan penjualan ponsel Lumia.
“Selama ini banyak user yang enggan menggunakan Lumia lantaran tidak mendukung aplikasi chatting BBM, dan aplikasi-aplikasi media sosial yang lain. Lantaran itulah, dengan resmi masuknya aplikasi ini, kami yakin penjualan Nokia Lumia mampu bersaing dengan ponsel Android, bahkan sekelas Samsung sekalipun,’’ kaya Customer Service Global Teleshop Mall Olympic Garden (MOG), Silvy Novita.
Silvy yang sempat menunjukkan aplikasi tersebut kepada Malang Post menguraikan, secara umum BBM pada Nokia Lumia tidak berbeda dengan BBM yang ada di Android. Untuk masuk dan bisa mengakses, pengguna wajib  mengunduh aplikasi tersebut di Windows Phone Store. Saat aplikasi ini terinstal dengan sukses, terlihat pada layar logo BlackBerry Messenger. “Untuk bisa mengakses, pengguna cukup memasukkan BlackBerry ID, yang ada di halaman depan. Bagi yang belum punya BlackBerry ID bisa membuat,’’ kata Silvy sembari mengatakan, untuk pin BlackBerry Messenger ini juga menggunakan angka 7 dan berjumlah delapan digit. Setelah semua proses ini dilakukan, aktifitas chatting pun bisa langsung dilakukan.
Wanita asal Singosari Kabupaten Malang ini juga menjelaskan, meskipun hadir dalam versi beta, namun BBM pada Nokia Lumia juga sama dengan BBM di Android. Halaman bertama, setelah logo BBM, pengguna langsung masuk pada  menu recent update. Pengguna cukup menggeser layar ke kanan satu kali untuk melihat kontak BBM. Pada kontak tampilannyapun bisa diatur yaitu mendatar atau kotak-kotak.
“Meskipun masih versi beta, BBM di Nokia Lumia tidak beda dengan di Android. Pengguna bisa berhubungan dengan semua teman pengguna BBM lainnya. Menginvite teman, merubah status, menerima dan mengirim foto kepada teman juga membuat grup,’’ tambah Silvy yang mengatakan, untuk grup juga tidak berbeda, yakni maksimal diisi oleh 30 user. Pengguna BBM Lumia juga bisa mengirim PING !!! untuk pengguna lain atau membagi foto yang dikirim teman ke teman lainnya. Bukan itu saja,pengguna juga bisa mengirimkan pesan broadcast.
“Yang berbeda hanya fitur voice. Jika di BBM Android ada fitur voice yang bida digunakan tanpa kawatir soal biaya, tapi di Lumia belum mendukung fungsi itu. Mungkin kedepannya akan mendukung,’’ tambahnya.
Sementara Farida Nur Oktavia, salah satu pengguna Lumia 625 mengaku langsung mendownload BBM melalui ponselnya. Dia pun langsung berhubungan dengan teman-temannya melalui aplikasi ini. “BBM memudahkan kita berkomunikasi. Kita bisa ngobrol banyak hal, melalui aplikasi ini,’’ katanya.
Namun begitu, meskipun sudah tersedia, untuk bisa mengakses aplikasi ini pengguna Lumia wajib mengupgrade dulu versi terbaru windows phone yang ada di perangkatnya. Karena aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk OS Windows 8.1. “Yang tidak perlu di upgrade hanya Lumia 630 yang sudah mendukung OS Windows Phone 8.1. Sedangkan Lumia lainnya, mulai Lumia 520, Lumia 720, Lumia 625, Lumia 925, Lumia 1530, Lumia 1320 wajib mengupgrade dulu versi windows phonenya menjadi 8.1, karena seri tersebut hanya mendukung OS Windows Phone versi 8.0,’’ tandas Silvy. (vik/feb)