Jaminan Tahan Air

MALANG – Generasi kedua jam tangan pintar Samsung yakni  Gear 2 dan Gear Fit telah mengantongi sertifikat IP67. Adanya sertifikat tersebut, sudah bisa dipastikan kedua produk wearable ini tahan air dan debu. Sehingga, penggunapun akan merasa aman, saat menggunakan perangkat ini saat berolah raga.
“Perbedaan menonjol dengan generasi pertamanya, Gear 2 dan Gear Fit sudah mendukung teknologi anti air dan debu, sehingga pengguna yang ingin menggunakan berolah raga, tidak perlu merasa kawatir,’’ kata Customer Service Samsung Experience Store (SES) Malang Towns Square (Matos), Rasta Bella, sembari mengatakan pada produk pertamanya yakni Gear  1, Samsung belum mendukung teknologi anti air dan debu.
Wanita berambut panjang ini juga menguraikan, untuk spesifikasi   Samsung Gear 2 merupakan kelanjutan dari Samsung Gear 1 yang dikenalkan Samsung tahun 2013 lalu.  Perangkat ini dibekali dengan layar sentuh seluas 1.63 inci. Layar yang dibenamkan adalah jenis Super AMOLED dengan menebarkan resolusi 320 x 320 piksel.
Seperti pada Gear 1, Samsung juga membekali Gear 2 dengan kamera.  Bedanya pada resolusi. Jika pada Gear 1 Samsung hanya menanamkan lensa berkekuatan 1.9 megapiksel, pada generasi lanjutannya ini perusahaan Samsung membenamkan kamera berkekuatan 2 megapiksel. Fitur auto focus yang disertakan pun membuat perangkat ini sangat mudah untuk mengambil gambar.
“Kinerja perangkat ini mendukung prosesor Dual Core dipadu dengan memory RAM 512 MB. Sedangkan untuk penyimpanan internalnya, diberikan wadah seluas 4 GB,’’ katanya. Perangkat ini juga dibekali dengan sensor pengukur detak jantung.  
Untuk dayanya, Samsung membekali perangkat ini dengan baterai berkapasitas 300 mAh. Baterai tersebut mampu bertahan hingga 2-3 hari. Sambungan Bluetooth versi 4 juga memudahkan perangkat ini terkoneksi dengan ponsel pintar milik Samsung.
Sementara Galaxy Gear Fit berbentuk seperti gelang penunjang aktivitas kebugaran, seperti Nike Fuelband ataupun Jawbone Up. Layar sentuh 1.84 inci Super Amoled-nya melengkung, sehingga pas dikenakan di pergelangan tangan. Gear Fit yang dibanderol Rp2 jutaan ini juga sudah mengantongi sertifikasi IP67, memiliki sensor detak jantung, Bluetooth, juga penggunaan hingga 3-4 hari.

Belajar dari Galaxy Gear, Samsung berkolaborasi dengan desainer, antara lain Moschine, Nicholas Kirkwood, Louis Vuitton, Swarovski untuk membuat strap (tali jam tangan) dengan berbagai desain. Maksudnya agar Gear 2 dan Gear Fit tidak sekadar perangkat elektronik, tapi juga sebagai ikon fashion.
“Galaxy Gear 2 memiliki banyak fungsi, mulai menampilan notifikasi, hingga menjawab panggilan telpon. Sementara Galaxy Fit fungsinya lebih terbatas. Tapi, di sisi lain perangkat tersebut lebih ringan, kecil, nyaman dikenakan sehari-hari, dan sangat cocok digunakan oleh mereka yang hobi berolahraga,’’ tandas Bella. (vik/feb)