Time Lapse Hadir di iOS 8

MALANG – Meskipun hadir dalam versi beta, iOS 8 tetap diburu pengguna Apple. Terutama pengguna iPhone 5 ke atas, mereka berlomba untuk mendapatkan iOS terbaru Apple ini. Satria Abdullah salah satunya. Pengguna iPhone 5 ini langsung mencari link  untuk bisa mengupdate sistem operasi perangkatnya ke iOS 8 beta. Memanng cukup sulit, tapi dengan kesabaran Satria pun berhasil memperbarian sistem operasinya.
Kepada Malang Post, Satria pun menunjukkan beberapa  fitur baru dari iOS 8. Salah satunya adalah kamera. Dikatakan oleh teknisi Rolland Handphone ini, dengan iOS 8, pengguna iPhone lebih mudah untuk melakukan pengaturan secara manual. Dia menyebut,  pada menu kamera Apple menyediakan Mode Time-Laps.  Mode Time Laps merupakan teknik fotografi dimana ratusan atau bahkan ribuan foto dari satu angle yang sama dikumpulkan menjadi satu untuk kemudian dijadikan suatu adegan film. Menggunakan fitur ini bisa pengguna bisa mengambil gambar mulai dari 1–60 detik hingga 1–60 menit.
Selain itu pada iOS 8 pengguna juga dapat melakukan pengaturan exposure dan focus terpisah. Dengan fitur ini, pengguna bisa melakukan pengaturan dalam hal pencahayaan. Sehingga foto yang dihasilkan pun sangat maksimal.  
“Ada juga fitur instant burst mode. Dengan mode ini pengguna iOS 8 dapat melakukan pengambilan gambar secara berturut-turut hingga 11 gambar dengan sekali tekan tombol shutter, bahkan dapat di padukan dengan self-timer.  Dengan mode ini pengguna juga akan mendapat hasil foto yang maksimal sesuai dengan yang diinginkan dari pengambilan beberapa foto tersebut,’’ tambahnya.
Apple juga menyedikan menu  self timer, dengan waktu self-timer 3 atau 10 detik. Hadirnya fitur ini akan kian memudahkan pengguna iPhone dalam hal foto selfie.
Selain kamera, Apple juga menyediakan menyiapkan aplikasi bernama Health App. Sesuai namanya, aplikasi ini berhubungan dengan kesehatan. Dimana Apple menyediakan fitur penghitung langkah. Selain itu, Apple juga menyediakan fitur mendeteksi gerakan yang dilakukan oleh penggunanya.
“Ada juga fitur yang menghitung asupan kafein yang dikonsumsi pengguna iOS 8,’’ kata Satria yang mengatakan aplikasi Health yang dapat diunduh melalui App Store ini bisa mengontrol kondisi kesehatan pengguna iOS 8.
Satria menjelaskan, iOS terbaru Apple diumumkan kali pertama di ajang Worldwide Developer Conference 2014 (WWDC) Juni lalu. iOS ini sedianya akan dipasang Apple pada perangkat terbarunya, yakni iPhone 6. Sejak dikenalkan, Apple sudah beberapa kali melakukan perbaikan. Sehingga meskipun belum resmi, iOS 8 versi beta sudah terbebas dari bug.(vik/fia)