Telkom Luncurkan WiFi Corner

MALANG -   Tingginya kebutuhan terhadap layanan internet, mendorong PT Telkom untuk berinovasi. Terbukti, setelah membuat program WiFi ID, kini perusahaan plat merah ini PT Telkom kembali menggebrak masyarakat  dengan membuat program WiFi Corner. Tidak main-main, dalam program barunya tersebut, Telkom menjanjikan akses internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps.  
Hal ini kemarin (8/8) dikatakan oleh General Manager PT Telkom Wilayah Telkom (Witel) Jawa Timur (Jatim) Selatan Hendro Setyo Budi, saat bertemu wartawan di My Kopi O, MX Plaza. Hendro mengatakan jika WiFi Corner menjadi program pengembangan dari WiFi ID.
“Makin besarnya kebutuhan masyarakat terhadap akses data dengan kecepatan tinggi yang mendorong kami untuk terus berkembang. Jika dulu ada program WiFi ID yang memiliki kecepatan akses hanya sampai 10 Mbps, kini kami membuat program WiFi Corner, yang memiliki kecepatan akses hingga 100 Mbps. Kecepatan itu juga yang membedakan antara WiFi ID dengan WiFi Corner,’’ katanya.  
Dia juga memastikan, kecepatan akses internet hingga 100 Mbps ini baru dimiliki oleh PT Telkom. Dengan begitu, Hendro pun yakin program baru ini akan banyak menarik minat masyarakat.   
“Kecepatan internet dari operator lain umumnya hanya 42 Mbps. Baru kami yang bisa memberikan akses kecepatan internet hingga 100 Mbps,’’ ujarnya, sembari mengatakan kecepatan tersebut diperoleh dari teknologi fiber optik yang terus dikembangkan oleh PT Telkom.
Sementara ini, PT Telkom sudah memasang WiFi Corner di 46 titik. Targetnya hingga September mendatang pihaknya akan memasang di 100 titik. 46 titik yang sudah terpasang ini berada di wilayah Malang Raya dengan prioritas area kantor pemerintahan.  Pemasangan WiFi Corner ini sendiri cukup mudah, yaitu dengan memanfaatkan jaringan hotspot yang sudah ada. “Beberapa titik hotspot yang sudah ada kita ganti perangkatnya, untuk bisa mendapatkan kecepatan hingga 100 Mbps,’’ urainya
Hendro juga mengatakan WiFi Corner merupakan bentuk komitmen Telkom dalam memberikan pelayanan akses internet dengan kecepatan tinggi, sekaligus untuk mewujudkan Indonesia Digital Network yang telah dicanangkan Direksi Telkom beberapa waktu lalu.
Pengembangan WiFi Corner ini diuraikannya, memiliki misi antara lain, sebagai media edukasi internet WiFi berkecepatan tinggi kepada masyarakat, mengingat WiFi ID yang ada saat ini masih terbatas pada kawasan tertentu saja dan belum menjangkau semua lokasi.
“Yang kedua misi  kami membuat program ini adalah memberikan wadah atau tempat untuk berkumpulnya pada netter,’’ tambah pria ini. Dia juga mengatakan, untuk mendapatkan akses WiFi Corner, pihaknya menyediakan spin card. “Teknis masuk jaringan WiFi Corner sama seperti WiFi ID.Yaitu pengguna bisa memasukkan user name dan password yang tersedia pada Spin Card,’’ tandasnya.(vik/red/fia)