Nokia Lumia 630, Tak Ada Kata Lemot

MALANG –  Sejak awal Juli lalu, Nokia Lumia 630 resmi hadir di Indonesia. Kehadirannya langsung disambut antusias para pecinta ponsel Lumia karena selain hadir dengan versi terbaru Windows Phone yakni 8.1, perangkat ini juga hadir dengan berbagai aplikasi yang menggiurkan. Salah satunya adalah Xbox Game. Promotor Nokia, Astu Roka menguraikan, Xbox Game, menjadi aplikasi resmi Nokia Lumia 630. Aplikasi ini menawarkan berbagai permainan menarik, yang  bisa didapatkan pengguna Lumia dengan gratis maupun berbayar.
“Sebetulnya Xbox sudah lama digandeng Nokia, untuk ponsel seri Lumia. Namun bedanya di Lumia 630 game yang tersedia lebih banyak dan permainannya lebih menarik,’’ katanya sembari menambahkan, eberapa judul game tersebut diantarannya FIFA 2014, Halo: Spartan Assault, Rabbits Bigbang dan lainnya.
Dengan Lumia 630, Roka menjelaskan, pengguna Lumia 630 pun tidak akan menemukan kata lemot. Alias, hampir semua game-game yang ada pada Xbox dapat dimainkan dengan baik. “Jika pada versi Windows Phone 8, game Xbox tidak bisa dimainkan dengan lancar, sementara pada versi baru ini lebih lancar,’’ urainya. Kelancaran bermain game ini juga dipengaruhi oleh kinerja prosesor. Ya, pada perangkat barunya ini Nokia telah membenamkan prosesor Quad Core 1.2GHz yang dipadu dengan RAM 512 MB serta memori internal 8GB.
“Prosesor yang tertanam mendukung tampilan grafis, termasuk pada permainan game. Pengguna akan mendapatkan gambar detail dengan warna tajam,’’ katanya.
Selain Xbox, aplikasi yang banyak diminati dari Nokia Lumia 630 adalah HERE Drive. Roka menjelaskan, HERE Drive merupakan aplikasi peta yang dikembangkan oleh Nokia. Apliklasi ini memiliki kelebihan,. Lantaran bisa dibuka meskipun tanpa paket data.  “Jika menggunakan Google Maps untuk melihat peta, wajib menggunakan paket data, tapi di HERE Maps tidak perlu paket data. Saat ponsel dalam kondisi offline sekalipun, bisa melihat peta dengan mudah,’’ urainya.
Namun dari sekian aplikasi tersebut, yang membuat Lumia 630 banyak dilirik adalah, karena perangkat ini support dengan BlackBerry Messenger. Bahkan, pengguna bisa langsung melakukan download BBM, tanpa perlu upgrade versi windowsnya.
Seperti diketahui, sejak 7 Agustus lalu, BlackBerry Messsenger  secara resmi masuk ke windows phone. Aplikasi tersebut disediakan gratis, di Windows Phone Store. Syaratnya, perangkat yang bisa mendownload aplikasi ini adalah yang dibekali dengan Windows Phone versi 8.1.  “Untuk perangkat dengan windows phone 8 harus lebih dulu melakukan upgrade, baru kemudian bisa mendownload BBM,’’ tambah Roka. Dia juga menjelaskan, BBM menjadi nafas baru penjualan Lumia. Itu terbukti, begitu BBM resmi masuk, penjualan Lumia sedikit demia sedikit mulai merangkak naik.
Sementara untuk Lumia 630 sendiri diterangkan Roka, perangkat ini dibekali layar seluas 4.5 inci. Layar yang diusung dibekali teknologi ClearBlack. Ponsel ini dibalut dengan material plastik polycarbonate berlapis matte, Lumia 630 hadir dalam beragam pilihan warna cerah yang dapat Anda ganti bagian belakangnya. Kelebihan lain perangkat ini selain hadir dengan prosesor quad Core adalah fitur Dual-SIM yang tertanam, memudahkan pengguna untuk selalu terhubung dan lebih hemat dalam penggunaan data, memberikan fleksibilitas dalam memilih tarif terbarik untuk koneksi smartphone.
“Ada beberapa fitur yang mendukung Lumia 630, diantarannya adalah Word Flow, Data Sense, Storage Sense, Project My Screen, control volume individual, serta Microsoft Office Mobile dan OneDrive. Fitur-fitur ini dapat membantu atau memudahkan pengguna dalam aktifitas sehari-hari,’’ tandas Roka. (vik/feb)