Kamera Fotografer Profesional yang Sesungguhnya

MALANG – Setelah sekian lama ditunggu akhirnya, Nikon DF (Digital Fusion) menampakkan diri di gerai penjualan kamera Malang Raya sejak sepekan kemarin. Kamera terbaru Nikon ini memang terlihat berbeda dengan kamera digital lainnya. Itu karena, kamera yang dibanderol dengan harga Rp 29 juta (body only) ini hadir dengan gaya retro.
Kesan retronya juga bertambah dengan tersedianya sederetan tombol dial yang mirip dengan kamera lawas. Tombol dial untuk mengatur kecepatan rana kamera, ISO, kompensasi eksposure dan mode pengambilan gambar P/S/A/M. Dengan konsep retro serta sensor berukuran full frame.
Meskipun hadir dengan gaya retro, namun perangkat ini mengusung teknologi sensor dan prosesor dari kamera full frame Nikon kelas profesional. Untuk sensornya, Nikon Df menggunakan sensor CMOS full frame 16 megapixel dan prosesor Nikon EXPEED 3 milik Nikon D4 yang menawarkan performa ISO dari ISO 100 hingga ISO 12800 dan menyediakan opsi ekspansi ISO hingga ISO 204,800. Sementara sistem autofokusnya, mengusung sistem autofokus 39 titik yang diadopsi dari Nikon D610.
Tapi begitu, perangkat baru ini Nikon tidak melengkapinya dengan fitur rekam video. Hal ini memang cukup disayangkan, lantaran hampir semua kamera DSLR modern mendukung fitur tersebut. Belum diketahui alasan Nikon meniadakan fitur rekam video, namun banyak rumor beredar, Nokin sengaja meniadakan fitur tersebut karena kamera ini membidik fotografer profesional yang sesungguhnya.
Sedangkan kelebihan lain pada perangkat ini Nikon menghadirkan mount lensa atau Nikon F-Mount yang kompatibel dengan seluruh jajaran lensa Nikon modern hingga lensa manual kuno Nikon tanpa perlu harus lagi menggunakan adapter lensa.
“Untuk terhubung ke perangkat smartphone dan tablet PC, Nikon Df telah mendukung adapter wireless, Nikon WU-1a,’’ kata marketing Photo Pantai Matos, Anastsya Kimshi. Kamera ini juga dilengkapi dengan lubang intip elektronik untuk membantu membidik foto. Layar LCD berukuran cukup besar 3.2-inci dan sejumlah fitur kreatif lewat Nikon Picture Control dan opsi memotret HDR. “ Untuk edisi spesial juga dilengkapi dengan lensa AF-S NIKKOR 50mm f/1.8G. Bedanya pada harga, untuk yang edisi spesial dibanderol dengan harga Rp 30.9 juta,’’ tandas Anastasya.(vik/aim)