Pilah Pilih Android Murah

MALANG –  Hadirnya ponsel Android dengan harga terjangkau memang disambut positif para pecinta gadget. Sebab, mereka tidak perlu membayar mahal, untuk mendapatkan ponsel dengans egudang kemampuan. Namun begitu, ibarat pepatah onok rego onok rupo, ponsel Android dengan harga terjangkau, kerap kali dibekali dengan spesifikasi dan fitur yang pas-pasan alias sesuai dengan budget. Tapi begitu, jika pintar memilih, pengguna pun bisa mendapatkan ponsel dengan kategori lumayan.
Bagaimana tips untuk memilih ponsel terjangkau dengan kategori lumayan? Andik Siswanto, Pemilik Rolland Handphone menguraikan, pertama peminat lebih dulu melupakan ponsel merek lokal. Alasannya sangat sederhana, daya tahan ponsel lokal seringkali mengecewakan.
“Ponsel lokal yang laris dan gencar beriklan di televisi bukan jaminan mutu, atau memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan yang kalah populer,’’ katanya.
Kedua adalah memory RAM. Peminat ponsel dengan harga terjangkau setidaknya memilih ponsel dengan memory RAM minimal 512 MB.  Dengan memory RAM tersebut, kinerja ponsel masih terbilang lumayan. Setidaknya masih bisa mengerjakan dua aplikasi sekaligus dalam waktu bersamaan.
Kapasitas memori internal pun menjadi salah satu pertimbangan. Umumnya, ponsel lokal memberikan ruang 4 GB untuk memory internalnya. “Bila kapasitas memory internal lebih kecil daripada itu, Anda akan tidak leluasa menginstalasikan aplikasi tambahan. Padahal, salah satu sisi menarik Android adalah mempunyai banyak sekali pilihan aplikasi tambahan yang bisa diunduh dari Play Store,’’ tambahnya.
Pertimbangan lain untuk memilih ponsel Android dengan harga terjangkau adalah memiliki jaringan dua SIM. Alasannya, dengan ponsel dual SIM, pengguna akan lebih fleksible dalam menggunakan ponsel. Bahkan, pengguna bisa memilih hanya menyelipkan kartu untuk penggunaan data, dan satu kartu lagi untuk telepon dan SMS. Bahkan, dengan dua kartu ini, pengguna juga bisa melakukan pasang buang, setelah pulsanya habis, dan hanya menyimpan kartu yang digunakan sehari-hari saja.
Pertimbangan terakhir adalah, ponsel dengan harga terjangkau itu wajib memiliki jaringan 3G. Alasannya jelas, dengan jaringan 3G ini pengguna bisa lancar menjelajah dunia maya. Dibandingkan dengan jaringan 2G atau EDGE.
“Banyak vendor global yang menawarkan ponsel dengan harga terjangkau, seperti Acer dengan ponsel seri Liquid Z4, Lenovo dengan seri A316i atau Huawei dengan seri Ascend Y330. Ketiga ponsel ini memiliki kinerja dan daya tahan yang lebih optimal dibandingkan dengan ponsel buatan lokal,’’ tandas Andik.(vik/fia)