Si Kembar yang Tak Identik

MALANG –  Hadir dengan waktu hampir bersamaan, dua ponsel LG yakni LG G2 mini dan LG L90, memiliki spesifikasi yang sama. Keduanya sama-sama mengusung  layar  jenis In Plane Switching (IPS) seluas 4.7 inci, serta prosesor Quad Core dengan kecepatan 1.2 GHz. Keduanya juga mendukung operating sistem Android terbaru yakni 4.4 KitKat, dan RAM 1 GB.
Bukan itu saja, kedua ponsel ini juga mengusung fitur yang sama. Mulai dari Knock Code, Plug & Pop, Guest Mode hingga Smart Remote diusung keduanya. Namun begitu, bukan berarti keduanya betul-betul identik.  Saat dipelajari lebih lanjut, ada perbedaan pada dua perangkat.
Head Store Erafone Mall Olympic Garden (MOG) Trie Hermawan menjelaskan, perbedaan paling mendasar pertama adalah bentuk fisik kedua ponsel. Dikatakan oleh Trie, sebagai versi mini LG G2, desain LG G2 mini jelas lebih elegan.
Seperti sang kakak, LG memberikan sedikit tombol pada LG G2 mini. Ponsel berdimensi  129.6 x 66 x 9.9 mm ini memiliki tombol utama di bagian belakang untuk power dan pengaturan volume.  Sementara pada LG L90,  LG tetap mempertahankan tombol di bagian samping, dan beberapa tombol digital di bagian bawah.
Tampilan depan ponsel ini juga berbeda. Bagian depan LG G2 mini, dilingkari dengan bezel yang lebih tebal dibandingkan dengan LG L90. “Bezel lebih tebal pada LG G2 mini memberikan kesan layar LG G2 mini lebih luas, dibandingkan dengan LG L90,’’ urai Trie.
Perbedaan lain pada dua perangkat ini terletak pada kamera depan. Kamera depan LG G2 mini telah mengusung lensa dengan kapasitas 1.3  megapiksel. Sedangkan kamera depan LG L90 hanya dibekali dengan lensa VGA. Perbedaan tersebut memastikan, hasil foto selfie LG G2 mini menggunakan kamera depan pun lebih baik dibandingkan dengan LG L90.
“Warna yang dihasilkan dari jepretan kamera depan LG G2 mini ini lebih real, gambarnya juga lebih detail,’’ tambah  pria bertubuh kurus ini.
Perbedaan mencolok lainnya adalah kapasitas baterai. Menurut Trie, LG L90 dibekali baterai dengan kapasitas 2540 mAh atau lebih tinggi 100 mAh dibandingkan LG G2 mini yang hanya mengusung baterai berkapasitas 2440 mAh.
“Sebetulnya tidak ada dampak yang berarti untuk ukuran baterai tersebut, karena perbedaannya hanya 100 mAh saja,’’ tambahnya.
Terakhir perbedaan diusung pada harga jual. Menurut Trie, Erafone yang memiliki lisensi resmi penjualan LG G2 mini dijual dengan harga Rp 3.299.000, sedangkan untuk LG L90 dibanderol dengan harga Rp 2.999.000 saja.
“LG L90 ini merupakan ponsel dengan spesifikasi tertinggi di serinya. Sebelumnya, perangkat ini dilaunching bersamaan dengan tiga seri L lainnya, yakni L40, L70, dan L80. Di Indonesia sendiri, semua seri L yang beredar mengusung jaringan dual SIM tidak terkecuali L90,’’ tandas Trie.(vik/fia)