XL Tingkatkan Kualitas Layanan dan Kenyamanan

SURABAYA - PT XL Axiata Tbk (XL), operator terbesar kedua di Indonesia, berkomitmen kuat untuk terus meningkatkan kualitas layanannya. Sejumlah inisiatif secara bertahap telah dilakukan untuk menjamin tersedianya layanan yang berkualitas, termasuk inisiatif dari sisi peningkatan infrastruktur jaringan serta berbagai program untuk menstimulasi dan mendorong pelanggan menggunakan berbagai layanan yang disediakan dengan harga yang terjangkau dan transparan.
Selama periode Ramadhan dan Lebaran tahun ini, XL telah berhasil melayani dan mengelola lonjakan traffic berbagai layanan yang ada (layanan Voice, SMS, Data), sehingga kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi selama periode tersebut dapat tetap terjaga dengan baik. Peningkatan traffic layanan yang telah dialami oleh XL selama Ramadhan dan Lebaran juga tetap memberikan kontribusi yang positif bagi perusahaan meski selama Idul Fitri tersebut XL tidak memberlakukan kenaikan tarif.
Vice President XL East Region, Titus Dondi mengatakan, XL berkomitmen untuk terus memberikan kenyamanan yang lebih baik bagi pelangan, baik melalui peningkatan kualitas jaringan, inovasi layanan ataupun penyediaan layanan dengan tariff yang terjangkau dan transparan. ‘’Kami bersyukur, selama Ramadhan dan Lebaran kemarin, XL tetap mampu menyediakan layanan dengan harga yang terjangkau dan didukung dengan kualitas jaringan yang handal. Bahkan, ketika operator lain secara diam-diam menaikkan tarif layanannya pada saat Idul Fitri, XL tetap mempertahankan tarif yang berlaku saat ini agar mampu dijangkau oleh semua kalangan masyarakat dan pelanggan XL,” katanya.
Mengenai kualitas jaringan, Titus menyebutkan bahwa XL berhasil melalui lonjakan trafik yang terjadi, yaitu di hari-hari sekitar Lebaran lalu. Saat satu indikasinya adalah sama sekali tidak terjadi gangguan yang berarti meski terjadi lonjakan penggunaan sehingga pelanggan tidak mengalami kendala saat hendak melakukan akses layanan voice, SMS, juga data.
Pelanggan juga tidak mengalami gangguan ketika hendak melakukan isi ulang atau berlangganan paket layanan. Selain itu, indikasi keberhasilan XL lainnya adalah pencapaian tingkat availability jaringan XL dalam mendukung kenyamanan dan kelancaran berkomunikasi pelanggan di hari H lebaran mencapai sekitar 99,94 persen, begitu pula dengan penurunan keluhan pelanggan sebesar 20 persen dari tahun sebelumnya
Kehandalan dan kesiapan jaringan XL dalam memberikan layanan yang lebih baik bagi pelanggan selama Lebaran 2014 juga tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan secara Terstruktur, Sistematis dan Massif (TSM).
Berbagai persiapan dilakukan jauh-jauh hari dengan melakukan pemeliharaan jaringan secara periodik sebelum lebaran hingga jelang Lebaran, baik menyangkut hardware ataupun software yang yang terkait dengan jaringan, penambahan kapasitas dan upaya penyeimbangan terhadap traffic layanan sebelum Lebaran, sehingga bisa memastikan bahwa potensi traffic layanan yang akan diitimbulkan selama lebaran bisa diantisipasi dengan baik.
Selama periode Lebatan tahun ini, kenaikan traffic layanan terjadi pada layanan Data dan SMS, sementara layanan percakapan mengalami penurunan. Kenaikan traffic tertinggi untuk layanan Data terjadi khususnya pada H-1 dan H-2 sebesar 27,7 persen dan 26,1 persen dibandingkan hari-hari normal. Kenaikan traffic layanan Data didorong oleh semakin mudahnya penggunaan layanan data dan layanan Digital Services lainnya, seperti misalnya Facebook, Twitter, Path, Whatsapp, Line, BBM ataupun aplikasi messaging & sosial media lainnya. Faktor pendorong lainnya tentunya adalah ketersediaan beragam pilihan paket layanan Data yang semakin terjangkau tarifnya dan hemat bagi pelanggan, selain juga ketersediaan perangkat smartphone/tablet ataupun device komunikasi lainnya yang sudah dilengkapi dengan kemampuan akses data. Kontribusi layanan data terhadap total pemakaian pendapatan perusahaan telah mencapai 26 % pada kuartal pertama 2014, meningkat dari 22% tahun sebelumnya.
Pada kuartal pertama tahun ini layanan XL telah menjangkau hampir seluruh provinsi di Indonesia, dengan lebih dari 68 juta pelanggan, dan didukung oleh 45.600 ribu BTS (2G/3G) juga jaringan backbone fiber optic yang membentang di sepanjang pulau Jawa dan tersambung melalui jaringan kabel bawah laut ke Sumatera, Batam, Kalimantan dan Sulawesi. (xl/feb)