Tanpa Banyak Tombol

MALANG - Setelah ramai dibicarakan, Xiaomi akhirnya menampakkan wujudnya. Yakni berupa smartphone. Mengusung nama Mi3, Xiaomi pun yakin perangkat barunya ini mampu diterima pasar. Bahkan, kedatangan ponsel ini akan mengancam penjualan produk lokal, tidak kecuali OPPO.
Karyawan Karna Jaya Celluler, Fitri Hidayah menjelaskan, secara desain Xiaomi Mi3 memang lebih keren. Dibalut dengan bahan metal, perangkat ini terlihat mewah. Layaknya ponsel Android pada umumnya, perangkat berdimensi 144 x 73.6 x 8.1 mm dengan berat 145 gram ini juga tidak banyak memiliki tombol.
"Tombol power berada di bagian bodi kiri, sedangkan di bawah layar ada tiga pilihan tombol virtual yakni back, menu dan home," katanya.
Namun begitu Xiaomi tidak memberikan lampu pada tombol virtualnya, sehingga bisa dipastikan, pengguna yang tidak hafal kesulitan saat menggunakannya saat gelap. Xiaomi Mi3 dibekali dengan layar 5 inci full HD In Plane Switching (IPS) LCD. Layar tersebut memiliki resolusi yang tinggi yaitu 1080 x 1920 piksel dengan dengan kerapatan piksel 441 ppi sehingga sangat nyaman di mata.
Layar yang digunakan adalah layar sentuh, Full HD yang dengan teknologi IPS LCD sehingga mampu menampilkan gambar lebih alami dan memiliki sudut pandang yang luas. Untuk media penyimpanan Xiaomi menyediakan dua pilihan, yakni versi 16 GB dan 64 GB.
Ponsel ini masih mendukung sistem operasi Android Jelly bean versi 4.2.1. Sebetulnya ini cukup wajar, mengingat di negara asalnya perangkat ini telah dirilis sejak Desember tahun lalu, dimana Google belum secars resmi meluncurkan Android versi 4.4.
Sementara untuk urusan fotografi, Xiaomi membenamkan lensa untu kamera utama berkekuatan 13 Mrgapiksel  dengan resolusi maksimum 4128 x 3096 piksel. "Kamers utams mendukung  autofocus, dual-LED flash, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, HDR. pada fitur kamera terdapat dua mode yaitu mode simple dan mode advance," kata Fitri.
Kamera tersebut juga mampu melakukan perekaman video HD dengan resolusi tinggi yaitu pada 1080p@30fps, dilengkapi dengan HDR sehingga mampu menangkap gambar dengan baik meski pencahayaan kurang memadai.
"Untuk yang hobi selfie, ada kamera depan berkekuatan 2 megapiksel. Kamera depan juga mampu melakukan perekaman video pada 1080p@30fps," urainya.
"Untuk harganya, Xiaomi Mi3 kami jual dengan harga Rp 3,5 juta," tandas Fitri.(vik/ary)