Neo K Seharga Rp 2,2 Juta

MALANG – Sebagai pemain baru di dunia seluler, OPPO cukup getol mengeluarkan ponsel baru. Tidak hanya kelas premium, tapi juga produk kelas menengah. Salah satu produk kelas menengah tersebut adalah OPPO Neo 3. Di pasaran, OPPO membanderol ponsel dengan seri R831K atau biasa disebut OPPO Neo K ini dengan harga Rp 2.199.000.
Seperti perangkat kelas menengah lainnya, spesifikasi ponsel ini tergolong biasa.  Hanya saja untuk merangsang pasar, OPPO pun menempelkan beberapa hal yang tidak biasa sehingga ponsel ini bisa dibilang lebih dibandingkan ponsel kelas menengah lainnya.
Diantara yang membuat perangkat ini berbeda adalah, OPPO Neo 3 baru ini sudah mendukung USB OTG. Selain itu, perangkat ini juga mendukung fitur Hot Knot dan Fitur Gesture panel.
“Fitur Hot Knot merupakan fitur transfer data antara sesama smartphone Oppo dengan cara menempelkan Smartphone penerima dan pengirim. Kecepatan tranfer file tersebut memiliki kecepatan setara dengan Wifi, atau bisa dibilang fitur ini mengandalkan konektivitas NFC,’’ kata marketing Peace Cell, Malang Plaza Fitria Thalib.
Dengan fitur tersebut Fitria pun menegaskan pengguna OPPO Neo 3  pun tidak membutuhkan waktu lama saat melakukan transfer data seperti foto, video maupun data lainnya. “Untuk transfer file video berukuran 1 GB hanya dibutuhkan waktu kurang 1 menit. Ini kehebatan dari fitur Hot Knot. Jika dibandingkan dengan Bluetooth, jelas lebih cepat,’’ katanya, sembari mengatakan fitur Hot Knot ini merupakan fitur yang dikembangkan oleh OPPO melalui kostumisasi Android Jelly Bean menjadi ColorOS.
Sedangkan fitur Gesture Panel dikatakan wanita berjilbab ini juga sama dengan fitur Hot Knot, yaitu fitur yang dikembangkan oleh OPPO. Fitur ini berfungsi memudahkan pengguna masuk ke menu yang diinginkan, dengan cara menggambar di atas layar. Contohnya, pengguna cukup membuat gambar lingkaran di layar untuk masuk ke menu kamera, membuat gambar segitiga untuk masuk ke menu musik, dan masih banyak lagi.
Fitur Gesture Panel sendiri telah disempurnakan oleh OPPO. Sebelumnya fitur ini hanya support dengan 7 icon atau kode, dan sekarang support dengan 13 kode. “Membuka apa saja mudah, kita tinggal gambar di layar saat itu juga langsung masuk ke menu tersebut. Lebih efisien, karena fitur ini bisa bekerja meskipun kondisi layar mati,’’ urai Fitria.
Sementara untuk spesifikasi lainnya, wanita ini pun menjelaskan, OPPO Neo 3 ini merupakan ponsel dual SIM. Memiliki dimensi 132×65.8×9.3mm, ponsel ini dibekali dengan layar In Plane Switching (IPS) LCD, 4.5 inch 854×480 Piksel. Dapur pacunya, perangkat ini mengusung chipset MediaTek, Dual Core dengan kecepatan  1.3 GHz, yang dipadu dengan GPU  Mali-400. Memory 4GB dan RAM 1 GB membuat perangkat ini memiliki kinerja yang oke. “Internalnya hanya 4 GB, tapi hanya tersisa 2 GB karena sisanya termakan aplikasi. Tapi pengguna tidak perlu kawatir, karena bisa diperluas hingga 32 GB, dengan memory eksternal,’’ tambahnya.
Sedangkan untuk urusan fotografi, ponsel ini mendukung dua kamera, masing-masing 5 megapiksel di kamera belakan dan 2 megapiksel di depan. Sedangkan dayanya, OPPO memasang baterai berkekuatan 1900 mAh. (vik/feb)