Aplikasi Gratis Via Jail Break

MALANG – Jail Break iOS versi 7.1.2 sudah bisa dilakukan untuk perangkat Apple yang mendukung iOS tersebut.  Berita tersebut cukup menggembirakan bagi pengguna iPhone maupun iPad. Karena dengan Jail Break tersebut, mereka bisa mendapatkan banyak aplikasi maupun game dengan gratis. Bukan itu saja, pengguna iPhone dan iPad juga bisa melakukan download lagu, dan mengganti icon ponsel yang diinginkan.
“Kelebihan Jail Break adalah, pengguna iPhone ataupun iPad bisa mendowload aplikasi yang sebelumnya berbayar menjadi gratis,’’ kata pemilik Rolland Handphone Malang Plaza,  Andi Siswanto.
Andi menguraikan, Jail Break dilakukan di ponsel untuk mendapatkan menu Cydia. Menu ini memiliki peran penting, lantaran terdapat ribuan aplikasi yang bisa didapat dengan mengundah. “Setelah ponsel di Jail Break, akan muncul menu Cydia. Selanjutnya, untuk bisa mendownload aplikasi yang diinginkan, pengguna hanya perlu masuk ke menu tersebut,’’ urainya, sembari mengatakan untuk memaksimalkan kinerja, pengguna iPhone dan iPad juga wajib mendownload App Sync di App Store.
Di menu Cydia, pengguna juga bisa mendownload market sendiri, diantarannya V Share dan Hipstore. Dua market ini menyediakan banyak aplikasi. “Umumnya aplikasi atau game yang ada di Vshare maupun di Hipstore juga terdapat di App Store. Hanya saja, jika di App Store game-game tersebut berbayar di Vshare atau Hipstore game-game tersebut tersedia gratis,’’ tambahnya.
Meskipun Jail Break bisa dilakukan dengan mudah, naum tiap iOS Jail Break dilakukan melalui link berbeda. Untuk iOS 7.1.2 ini, link yang menyediakan Jail Break bernama Pangu. “Pengguna wajib masuk ke link Pangu. Di link tersebut sudah tersedia tutorial Jail Break. Tapi tentunya, untuk bisa melakukan Jail Break, dibutuhkan jaringan yang kuat,’’ katanya.
Jail Break sendiri bisa berpengaruh buruk pada perangkat, jika dilakukan dengan kondisi signal yang setengah-setengah. Terlebih saat proses Jail Break tiba-tiba jaringan terputus. Dampaknya, ponsel akan mati total. “Jika kondisinya seperti itu, pengguna wajib menginstal ulang iOS originalnya. Karena jika iPhone atau iPad membawanya ke service center sudah pasti akan ditolak, jadi harus berhati-hati,’’ tandasnya. (vik/feb)