Perhatikan Garansi Saat Membeli Zenfone

MALANG – Sejak kali pertama dihembuskan produk Asus Zenfone series memang cukup memikat. Itu terbukti, begitu produk ini dilauncing, larisnya pun bak kacang goreng di pasar. Namun begitu, saat ini konsumen harus berhati-hati. Lantaran banyak produk yang dijual tidak disertai dengan garansi resmi.
Seperti diketahui, Asus Zenfone Series didatangkan secara resmi oleh salah satu distributor terbesar di Indonesia yakni PT Teletama Artha Mandiri (TAM). Untuk penjualan, TAM pun memberikan garansi resmi selama 1 tahun.  Namun faktanya, di pasaran banyak produk Zenfone Series ini yang terdapat di konter tidak bergaransi resmi TAM.
Padahal, meskipun tidak bergaransi resmi, harga Zenfone Series tetap dibanderol dengan harga lebih tinggi. Seperti Zenfone 4, dibanderol dengan harga rata-rata Rp 1.450.000 padahal harga resminya  hanya Rp 1.099.000. Sedangkan Zenfone 5 dibanderol dengan harga rata-rata Rp 2.600.000 harga resminya Rp 2.099.000, dan Zenfone 6 dibanderol dengan harga rata-rata Rp 3.550.000 sedangkan harga resminya Rp 3.099.000.
“Kami ready untuk unit Zenfone 6, tapi garansi Bless. Harganya Rp 3.550.000,’’ kata salah satu Pemilik Karna Jaya, Badri.  Secara produk, pemilik konter ini menyebutkan tidak ada perbedaan antara garansi TAM dan Garansi Bless. Alias, pihak toko sama-sama memberikan jaminan.
“Garansi Bless ada sejak dulu. Bahkan,  garansi ini juga sempat pegang produk BlackBerry. Ya tetap legal, hanya saja pemegang garansinya berbeda,’’ katanya.
Sementara untuk Zenfone 6 sendiri sejak sepekan ini menghiasi elatase penjualan ponsel. Seperti dua saudara kembarnya, yakni Zenfone 4 dan Zenfone 5, produk ini juga banyak diburu. Pemilik Karna Jaya Celluler, Badri mengatakan Asus Zenfone 6 mengusung desain mirip dengan HTC One M8, namun terasa lebih minimalis. Yang menjadikannya terlihat masih satu saudara dengan seri Zenfone lainnya adalah guratan semi melingkar yang terletak di bawah panel sentuh Back, Home dan Recent Apps.
Asus Zenfone 6 dibekali dengan layar 6 inci. Bobot Asus Zenfone 6 terbilang cukup ringan dengan 196 gram. Dengan finishing doff mirip karet pada cover belakang, membuat smartphone ini tidak licin dalam genggaman. Ada empat pilihan warna yang disediakan Asus, yaitu hitam, putih, merah dan emas. Teknologi One Glass Solution membuat tampilan perangkat ini lebih bagus dibanding dengan ponsel sekelasnya. Ditambah dengan lapisan antigores dari Corning Gorilla Glass 3, membuat layarnya lebih tahan goresan.
Asus menempatkan speaker ekstra pada bagian belakang bodi. Hasil audio yang dihasilkan terdengar jernih dan bulat. Kualitas audio dapat diatur efek suara sesuai moda pemakaian melalui AudioWizard. Music Player disertai dengan equalizer dengan 12 pilihan pengaturan, ditambah Bass Boost dan Surround Sound yang terdengar melalui ear set.
Sedangkan di sisi kamera, selain menggunakan lensa bersensor 13 Megapiksel, Asus juga mengombinasikan dengan teknlogi PixelMaster. Sehingga hasil jepretan kamera Asus Zenfone 6 pun lebih menarik. Bahkan saat objek diambil dari cahaya yang redup.
Untuk kinerjanya, ponsel ini tidak perlu diragukan menggunakan sistem operasi berbasis Android 4.3 Jelly Bean, Asus dibekali dengan prosesor Intel Atom Z2580 dengan kecepatan 2.0 GHz. Memori RAM 2 GB dan ROM 8 GB kian membuat perangkat ini gahar, termasuk saat menjalankan game HD maupun 3D dengan lancar berkat dukungan pengolah grafis PowerVR SGX544MP2. “Untuk spesifikasi dan desain, Asus Zenfone 6 sangat istimewa,’’ tandas Badri.(vik/fia)