Adopsi Teknologi Galaxy S5

Samsung Galaxy Ace 3
MALANG – Dulu, merekam dan menjepret gambar hanya bisa dilakukan dengan ponsel kelas premium.  Tapi kini, aktifitas tersebut juga bisa dilakukan dengan ponsel kelas menengah. Salah satu yang bisa melakukan itu adalah Samsung Galaxy Ace 3. Ponsel seharga Rp 2 jutaan, ini bisa melakukan dua aktifitas tersebut dalam waktu bersamaan.
“Ini salah satu kelebihan Samsung Galaxy Ace 3 saat merekam, pengguna juga bisa langsung menjepret,’’ kata karyawan Tiga Putra, Ririn Ramadhani. Teknologi merekam dan jepret yang dimiliki ponsel berdimensi 121.2 x 62.7 x 9.8 mm ini, dikatakan Ririn mengadopsi sang kakak, yakni Samsung Galaxy S5. Teknologi ini memberikan nilai plus dengan luas layar 4 inci ini. Bahkan, Ririn  mengakui kelebihan yang diusung itulah, membuat nilai jual Samsung Galaxy Ace 3 ini lebih tinggi dibandingkan dengan ponsel sekelasnya.
Sebetulnya, Ririn menjelaskan secara spesifikasi, Samsung Galaxy Ace 3 tidak dibekali dengan spesifikasi yang wah. Bahkan, spesifikasi yang ditanam sangat biasa. Ponsel ini mendukung layar seluas 4 inci. Layar yang dibenamkan pun hanya jenis TFT, sehingga secara tampilan, layar Ace 3 ini juga tidak wah.
Kinerja perangkat ini juga tidak ubahnya dengan ponsel kelas menengah pada umumnya. Mengusung prosesor A9 Dual Core dengan kecepatan 1 GHz. Tapi begitu, Samsung sedikit memberikan peningkatan pada memori RAM. Ya perangkat ini sudah mendukung memory RAM 1 GB.
“Membuka aplikasi dan menjalankannya akan sangat muda, karena memory RAM yang ditanam cukup besar yakni 1 GB. Pengguna juga bisa bermain game tanpa lag dengan memori tersebut,” tambah wanita berjilbab ini.
Sementara untuk memori ROM atau biasa disebut dengan memori internal, Samsung menyediakan wadah seluas 4 GB. Memori tersebut dikatakan Ririn memang tidak akan menampung banyak data, terlebih dari 4 GB tersebut hanya setengahnya saja yang tersisa, sedangkan setengah lainnya telah ‘dimakan’ oleh sistem. “Ada port untuk memori eksternal, dan dapat diisi hingga 32 GB. Jadi pengguna pun tidak perlu khawatir,’’ urainya.
Di kelas menengah, Samsung juga sudah menyediakan dua kamera untuk ponsel menengahnya ini, yakni masing-masing  5 megapiksel untuk kamera utama di belakang dan VGA di depan. Kamera belakang dibekali banyak fitur. “Auto fokus  dan LED Flash ditanam pada kamera belakang, sehingga pengguna tetap bisa mendapatkan hasil yang terang meskipun gambar diambil di ruangan dengan cahaya yang minim,” tambahnya.
Sementara untuk fitur lainnya, ponsel ini telah mendukung koneksifitas Bluetooth versi 4.0, WiFi. Ponsel ini juga dibekali dengan GPS, yang bisa dimanfaatkan pengguna saat melakukan perjalanan wisata. “Untuk baterainya, ponsel ini didukung dengan baterai berkapasitas 1500 mAh,’’ tandasnya.(vik/ary)