Perang Produk Tiongkok Kian Seru

Xiaomi MI3 v OPPO Find 5 Mini
MALANG–Dunia gadget kian seru dengan hadirnya vendor-vendor baru. Bahkan menjadi zona perang untuk produk asal Republik Rakyat Tiongkok. Sebut saja Xiaomi berbasis di Beijing dan OPPO yang bermarkas di Guangdong.
Xiaomi misalnya, kini tengah menggempur pasar dengan seri MI3. Kehadirannya pun langsung menarik perhatian. Bahkan dalam segi penjualan, produk MI3 yang dibanderol dengan harga Rp 3.5 juta ini tengah bertarung seru dengan OPPO Find 5 Mini yang dibanderol dengan harga Rp 3.299.000.
Pemilik konter Karna Jaya Cell, Badri menguraikan secara fisik desain Xiaomi MI3 memang terlihat lebih elegan. Bodinya yang dibalut dengan bahan metal, membuat perangkat ini terlihat mewah, dibandingkan OPPO Find 5 Mini yang hanya dibalut dengan material berbahan plastic carbonat. Imbasnya, bobot Xiaomi MI3 pun lebih berat dibandingkan OPPO Find 5 Mini.
Sementara soal layar, baik Xiomi MI3 maupun OPPO Find 5 mini sama-sama mengusung layar jenis In Plane Switching (IPS) seluas 5 inci. Meskipun resolusi dan kepadatan warna MI3 lebih besar, tapi tampilan OPPO Find 5 Mini lebih keren. Itu karena OPPO telah membenamkan teknologi QHD. Tak pelak, dengan teknologi yang tertanam tersebut, Badri mengatakan, layar OPPO Find 5 Mini lebih nyaman dipandang.
Tidak hanya dalam segi warna, pengguna juga akan melihat gambar yang lebih detail pada OPPO Find 5 Mini. Termasuk saat pengguna melakukan aktifitas bermain game atau menonton film berkualitas HD, bisa dipastikan tampilan OPPO Find 5 Mini lebih oke.
Sementara untuk kinerjanya, Xiaomi M3 lebih keren Itu karena ponsel ini mendukung chipset chipset Qualcomm Snapdragon 800, Quad Core dengan clock speed 2.3 GHz, dan memori RAM 2 GB. Sedangkan OPPO Find 5 Mini hanya mendukung prosesor MTK 6582 Quad-Core 1.3 GHz, dan RAM 1 GB.
“Sekalipun keduanya sama-sama mendukung Operating Sistem (OS) Android Jelly Bean, namun  OS yang disematkan pada MI3 lebih baru, yakni versi 4.3 dan dijanjikan upgrade ke Android versi 4.4 KitKat. Sementarab OS Find 5 mini lebih lama yakni Android 4.2,” kata Badri.
Kelebihan Xiaomi MI3 ini juga terlihat pada sisi fotografi. Meskipun di negaranya sana MI dikenalkan sejak 2013, namun Xiaomi telah mendukung MI dengan lensa utama 13 megapiksel. Lensa BSI yang ditanam membuat hasil jepretan MI3 tidak ubahnya dengan hasil jepretan kamera profesional DSLR.
“Pengguna bisa melihat hasil jepretan yang tajam dengan gambar yang betul-betul natural. Kamera Xiaomi MI3 memiliki setingan, yang dapat disetel secara otomatis maupun manual, sehingga pengguna pun tidak terlalu repot melakukan pengaturan,’’ tambah Badri.
Kamera OPPO Find 5 Mini hanya dibekali dengan kamera berkapasitas 8 megapiksel. Sedangkan untuk kamera depan, baik MI3 ataupun Find 5 mini sama-sama mendukung lensa 2 megapiksel.
Lensa dengan sensor BSI yang disematkan, mampu membidik gambar dengan kualitas yang oke. Sehingga pengguna yang doyan foto selfie, tidak perlu khawatir dengan hasil dari dua kamera ini. “Kalau melihat release awalnya, keduanya tidak terpaut jauh. Tapi untuk spesifikasi, Xiaomi masih tetap unggul,’’ kata Badri.
“Karir pertama OPPO sebetulnya di bidang OHP, namun sejak 2013 lalu sudah melakukan ekspansi dengan mengenalkan produk seluler. Sementara Xiaomi sendiri sedari awal sudah menciptakan produk selluler. Bahkan, di beberapa negara Eropa, produk Xiaomi sudah banyak dikenal, lantaran menurut isunya, Xiaomi tidak hanya mengusung perangkatnya dengan OS Android, tapi juga mengokombinasikannya dengan iOS yang notabene merupakan ciptaan Apple.(vik/ary)