Menunggu Kehadiran Nokia X2

MALANG –  Beberapa waktu lalu, Nokia mengenalkan ponsel seri X terbarunya yakni X2. Dari segi spesifikasi  ponsel ini cukup menarik. Terlebih, Nokia juga memberikan jaminan jika ponsel barunya ini lebih handal dibandingkan dengan pendahulunya.
Janji manis Nokia tersebut tentu mengundang banyak rasa penasaran. Bahkan, beberapa pengguna Android pun rela melepaskan perangkatnya jika Nokia X2 betul-betul memiliki kinerja yang handal.
“Dulu saya pecinta produk Nokia. Tapi kemudian beralih ke Android, lantaran Nokia tidak menyediakan perangkat yang mendukung untuk pekerjaan. Tapi begitu mendengar  Nokia X2 yang support dengan Android versi 4.3 Jelly Bean, maka bisa jadi saya akan kembali,’’ kata Elizabeth.
Wanita yang bekerja di bidang telekomunikasi ini mengaku, jika selama ini Nokia tidak pernah mengecewakan. Terutama untuk ketahanan produk. Jika vendor lain kerap memberikan harapan palsu, tapi Nokia tidak pernah mengenal itu. Namun begitu, Sistem Operasional yang dipilih saja, yang membuat perangkat Nokia terpuruk dalam segi penjualan.
“Nokia X series ini menjadi awal baru Nokia mengatasi keterpurukan. Bahkan teman-teman pun mengatakan yang sama. Dan mereka juga mau mengganti ponselnya dengan Nokia X2 jika memang produk itu seperti yang dijanjikan,’’ kata wanita ini.
Kehadiran Nokia X2 memang mengundang rasa penasaran. Sejumlah outlet mengaku mendapatkan pre order untuk pembelian perangkat dengan layar 4.3 inci ini. “Ada yang sudah order, hanya saja kami belum bisa menjanjikan, karena di sini belum launching,’’ urai Head Store Erafone, Trie Hermawan.
Sementara untuk perangkatnya sendiri, Nokia X2 ini merupakan ponsel yang mengandalkan memori RAM 1 GB. RAM tersebut paling besar dibandingkan dengan seri X sebelumnya. Seperti diketahui Nokia X hanya dibekali dengan memori RAM 512 MB, sedangkan sang adik Nokia XL dibekali memori RAM 768 MB. Dengan memori RAM yang lebih tinggi inilah, Nokia pun menjamin Nokia X2 lebih tangguh, dalam hal membuka maupun menjalankan aplikasi. Ponsel ini juga dibekali dengan koneksifitas Bluetooth versi terbaru yakni versi 4.0. Desain perangkatnya pun berbeda. Selain menampilkan warna-warna ceria, casing Nokia X2 juga dibekali dengan bahan kaca, sehingga terlihat mewah.
“Untuk spesifikasi lainnya, ponsel ini hadir sebagai ponsel dual SIM dan memiliki akses ke aplikasi Android,” kata Trie.
Ponsel ini dibekali dengan layar seluas 4.3 inci. Layar yang dipasang jenis in Plane Switching (IPS). Adanya teknologi Clear Black Display, membuat pengguna merasa nyaman saat melihat ponsel dibawah di sinar matahari.
Ponsel didukung dengan prosesor Qualcomm, Dual Core berkecepatan 1.2 GHz, yang dipadu dengan memory RAM 1 GB. Nokia juga menyediakan wadah untuk penyimpanan internal seluas 4 GB, yang bisa diekspansi dengan memori eksternal hingga 32 GB dengan Micro SD.
Nokia juga membekali ponselnya ini dengan dua kamera. Kamera pertama mendukung lensa berkekuatan 5 megapiksel lengkap dengan auto fokus serta LED Flash. Sedangkan kamera kedua mendukung lensa VGA. (vik/fia)