Menunggu Vendor Pamer Jagoan di IFA 2014

INTERNATIONALE Funkausstellung Berlin (IFA) akan digelar untuk ke-54 kalinya. Seperti biasa, beragam vendor global mencoba menyesakkan panggung dengan mengumumkan flagship yang dipunyainya.
Seperti dalam beberapa tahun terakhir, Samsung diprediksi yang akan mencuri perhatian dengan 'panggung besarnya'. Tapi jangan kecilkan juga produsen lainnya.
Smartphone dan smartwatch masih akan menjadi 'aktor utama' di pagelaran tahunan tersebut. Namun demikian, jangan pula menjadikan laptop atau produk lainnya sebagai sekedar paradoks.
Apa saja yang akan dinantikan di IFA 2014, yang dimulai dalam waktu beberapa hari ini?
1. Samsung Galaxy Note 4 dengan QHD (FOTO IFA1)
Sudah beberapa tahun terakhir, Samsung mengumumkan Galaxy Note di ajang IFA. Termasuk saat ini, vendor asal Korea Selatan ini akan melahirkan suksesor dari Note 3. Dari sisi spesifikasi, kabarnya akan memastikan bahwa Galaxy Note 4 akan mempunyai resolusi layar 2560x1440 atau memang setara dengan QHD.
Galaxy Note 4 dirumorkan menawarkan dua versi prosesor, seperti generasi sebelumnya. Satu memakai quad core Snapdragon 805 dan satu lagi memakai octa core Exynos 5433. Versi Snapdragon biasanya diedarkan di negara yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.
Beralih ke soal RAM, tak menutup kemungkinan Note 4 menjadi smartphone pertama dengan RAM 4 GB untuk menambah gahar performanya. Generasi sebelumnya, Galaxy Note 3, juga menjadi handset pertama yang dibekali RAM 3 GB.

2. Trilogi Experia
Semenjak berpisah dari Ericsson dan bertarung sendirian di pasar smartphone, Sony justru lebih agresif. Contohnya saja, mereka kini merilis ponsel flagship sekitar 6 bulan sekali. Apa hal baru yang akan ditawarkan Sony di Xperia Z3? Kabarnya tidak terlalu berbeda signifikan dibandingkan Xperia Z2. Sepertinya sama-sama mengandalkan bodi tahan air dan teknologi kamera.
Sony Xperia Z3 menurut bocorannya menggunakan layar 5,5 inch full-HD, prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon 801 2,4GHz ditunjang dengan RAM 3GB dan storage internal 32GB. Sedangkan kamera Xperia Z3 tetap beresolusi 20,7 megapixel disertai dengan kamera depan 2,1 megapixel. Sedangkan sistem operasinya Android 4.4 KitKat.
Bodinya hampir pasti tetap dirancang tahan air seperti para pendahulunya, Xperia Z dan Xperia Z2. Fitur tahan air memang saat ini seolah menjadi hal wajib di smartphone high-end Sony.

3. Nokia Superman (foto IFA4)
Nokia dikabarkan akan mempunyai penggawa baru di lini Lumia yang diumumkan di IFA 2014. Namanya, Nokia Superman. Sesuai segmen penggunanya, kelebihan ponsel ini jelas terletak di bagian kamera depannya. Berdasarkan desas-desus yang beredar, Superman akan dibekali kamera 5 MP.
Memang tak terdengar istimewa, namun bila terbukti Superman akan menjadi ponsel Nokia pertama dengan kamera depan terbaik. Selain itu bukan tak mungkin Nokia juga akan membenamkan fitur-fitur andalannya pada kamera tersebut semisal teknologi Carl Zeiss. Bila benar, bukan tak mungkin Superman akan menjadi superhero di antara ponsel selfie lainnya.
Informasi lain mengenai Superman adalah bentang layarnya yang sebesar 4,7 inch. Tak dijelaskan berapa resolusinya, namun karena disebut sebagai bakal penerus Lumia 720, disinyalir resolusi layar Superman antara HVGA (800x480 pixel) dan qHD (960x540 pixel). Meski begitu tak menutup kemungkinan Superman akan menawarkan resolusi HD (1280x720 pxiel).
Superman juga dikatakan bakal mengusung firmware anyar berkode GDR2 dengan sandi Debian Red yang disebut mampu mengoptimalkan OS Windows Phone (WP) 8.1 yang diusungnya. Sebagai informasi, firmware yang banyak digunakan oleh seri Lumia saat ini mengusung kode GDR1 dengan sandi Cyan Black.

4. Laptop Masih Eksis (foto IFA5)
Laptop belum berakhir tragis. Di IFA 2014, ada beberapa laptop yang kabarnya akan diumumkan di pameran ini. Salah satunya adalah Asus Transformer Pad 2. Ini laptop-tablet hybrid yang akan hadir dengan layar 4k. Tentu saja ada beberapa juga spesifikasi gahar mengiringi perangkat ini.
Lenovo juga melakukan debut di IFA, dengan menghadirkan tablet Yoga 2. Mengikuti versi perdananya yang boleh dibilang disambut hangat di pasaran.(det/fia)