Android Kitkat Terbaru Harga Ekonomis

MALANG – Pabrikan Samsung kembali meluncurkan produk terbaru yang sudah dipasarkan di tanah air yakni Samsung Galaxy V. Produk yang telah menggunakan sistem operasi terbaru, yakni Android 4.4 KitKat tersebut juga sudah ditemukan di gerai resmi Samsung maupun dealer ponsel yang ada di Kota Malang, sejak akhir pekan lalu.
“Belum ada seminggu Samsung Galaxy V ini kami jual. Masih tiga hari ini Galaxy V yang bisa dual sim card ini,” ujar Leader Customer Service Global Teleshop Malang, Silvi Novita.
Samsung mengincar pasaran kelas bawah bila dilihat dari harga Galaxy V yang ramah di kantong. Harga resminya dipatok sebesar Rp 1,2 juta dengan fitur yang terhitung cukup bagi pengguna Android pemula. “Anak-anak paling antusias dengan ponsel ini,” sebutnya.
Hampir mirip dengan produk Samsung yang ada di pasaran lainnya, smartphone ini mengusung desain yang khas dari pabrikan asal Korea tersebut. Bila dibandingkan dengan seri pendahulu, tampilan Galaxy V tidak jauh beda dengan Galaxy Star. “Bodinya hampir sama dengan Galaxy Star seri Plus. Untuk seri ini unggul dalam fitur,” terang perempuan ramah tersebut.
Smartphone ini dibekali layar sentuh dengan ukuran 4 inchi. Resolusi yang dimiliki dari smartphone ini FW VGA 854 x 480 pixel, dengan teknologi TFT capasitive yang berkerapatan 233 pixel. Ponsel cerdas ini menjalankan sistem operasi dari Android 4.4 KitKat yang dilengkapi TouchWiz Essence UI sebagai operasional antarmukanya.
Dapur pacu dari ponsel cerdas ini dimotori chipset oleh Spreadtrum SC6815. Prosesor yang digunakan adalah ARM Cortex-A7 single-core, dengan kecepatan 1,2 GHz. Sebagai pengimbang dari prosesornya, diberikan memori RAM dengan kapasitas 512 MB. Pengolah grafis yang digunakan dari Mali-400. “Spesifikasi ini umum disematkan pada smartphone dengan rentang harga Rp 1 jutaan,” beber Silvi kepada Malang Post.
Sisi kamera, Galaxy V memiliki kamera utama dengan resolusi 3 megapixel yang didampingi dengan LED flash. Untuk merekam video akan menghasilkan kualitas VGA @24fps. “Namun tidak dapat mendukung aktivitas untuk berfoto selfie, karena tidak ada kamera depan,” ujar dia lantas tertawa.
Kapasitas baterai yang diberikan kepada ponsel pintar ini sebesar 1500 mAh. Memori internal dengan kapasitas sekitar 4 GB. Untuk meningkatkannya lagi, dilengkapi dengan slot microSD hingga kapasitas maksimalnya 32 GB. Pabrikan asal Korea ini memberikan seri Galaxy V nya dengan konektivitas meliputi Bluetooth, WiFi, port microUSB, dual SIM serta 3G HSPA.
“Untuk Galaxy Star kan belum menggunakan 3G HSPA yang bisa mendukung aktivitas internet dengan cepat. Kalau Galaxy V, sudah dijamin kualitas koneksi internetnya,” tambahnya.
Sementara itu, antusiasme masyarakat di Malang langsung terlihat begitu kemunculan Galaxy V ini. Di Global Teleshop MOG misalnya, selalu ada yang berkonsultasi untuk membeli seri terbaru tersebut, selain penjualan yang pasti ada setiap harinya tiga hari terakhir.(ley/ary)