Lebih Murah, Canggih dan Digdaya

MALANG – Seri Lumia 530 dari Nokia, kini telah bisa ditemukan keberadaannya di dealer ponsel di Malang. Smartphone bersistem operasi Windows Phone 8.1 tersebut menggunakan prosesor quad core dan fitur canggih seperti MixRadio, yang diyakini akan meneruskan kedigdayaan seri sebelumnya.
Head Store Erafone Malang, Rizki Cahyono menyampaikan, seri terbaru dari Lumia ini merupakan generasi penerus dari Lumia 525 dan Lumia 520. Sebelumnya, dua seri tersebut menjadi salah satu best seller Lumia karena memiliki fitur yang istimewa.
“Untuk seri Lumia 530 ini pasti lebih laris lagi. Faktor utamanya, harga lebih murah,” ujarnya.
Lumia 530 yang sudah dual SIM itu untuk saat ini diyakini merupakan handset Windows Phone 8 termurah. Pasalnya, harga hanya dibandrol Rp 1,399 juta. Meskipun demikian kecepatan dari ponsel tersebut terjamin. Sebab prosesor yang digunakan telah menggunakan quad core dengan memori sebesar 512 MB, dan ditunjang dengan chipset Qualcomm Snapdragon 200 MSM8212 ARM Cortex-7 berkecepatan 1,2GHz, yang dipadukan dengan pengolah grafis dari Adreno 302.
“Memori lebih kecil dari seri sebelumnya, karena harga juga lebih murah. Tetapi, dijamin masih lancar dalam menggunakan aplikasi. Alasan kuatnya, Windows Phone tidak banyak memakan porsi memori apalagi dalam seri 8.1,” beber dia kepada Malang Post.
Pria yang akrab disapa Kiki ini menyampaikan, untuk fitur yang dianggap canggih seperti MixRadio merupakan paket hiburan yang memberikan keleluasaan kepada pengguna untuk menikmati 21 juta lagu hanya dengan menggunakan paket data saja. Lagu tersebut, dipersonalisasikan secara interaktif dan dalam daftar putar bersistem online. Beberapa fitur baru lainnya yang hadir di Lumia 530 adalah Action Center, Word Flow, dan personalized Start Screen background.
Kemudian para pengguna juga bisa mengunggah gratis layanan HERE Maps yang terintegrasi dengan HERE Drive+ untuk layanan navigasinya serta fitur peta offline dengan dukungan cakupan hingga lebih dari 100 negara. Untuk aplikasi berbayar yang diunduh di Windows Store, kini disediakan fitur transaksi menggunakan pulsa.
Kelebihan Lumia 530 yakni dilengkapi dengan fitur dual SIM micro-SIM 3G, selayaknya saudara yang lebih dulu keluar Lumia 630. “Tetap dual SIM pintar  yang memberi keleluasaan penggunaan SIM Card 1 atau 2. Baik untuk menelepon dengan nomor tertentu atau maupun pengiriman email dengan sim card yang mana,” papar dia panjang lebar.
Lumia 530 dilengkapi dengan baterai BL-5J yang berkapasitas 1.430mAh dan waktu bicara hingga 13,4 jam untuk layanan GSM serta hingga 10 jam untuk layanan 3G. Lumia 530 ini dibekali dengan layar ukuran 4 inchi FWVGA beresolusi 854 x 480 pixel, dengan kerapatan layar mencapai 245 pixel dan didukung dengan aspect ratio 16:9.
“Tetapi tipe layar yang digunakan juga masih sebatas layar sentuh LCD biasa, bukan jenis layar IPS yang digunakan pada Nokia Lumia 520. Kelemahannya cukup sulit terlihat saat digunakan di bawah sinar matahari,” tambah dia.
Untuk kapasitas penyimpanannya, smartphone ini memiliki memori internal sebsar 4 GB yang bisa diupgrade dengan Micro SD untuk memori tambahannya bisa mencapai 128 GB. Untuk fitur hiburannya perangkat ini terdapat kamera belakang sebesar 5 MP dan tidak ada kamera depannya. Kamera smartphone ini juga mampu merekam video resolusi FWVGA 854 x 480 piksel.
Untuk bagian koneksi, perangkat ini memiliki dukungan konektivitas yang cukup lengkap. Antara lain dukungan WiFi, Bluetooth, GPS, port microUSB, dual SIM, dan dukungan 3G HSPA.(ley/ary)