Bisa Tolak dan Lacak Panggilan

SURABAYA  Keberanian PT Indonesia Oppo Elektronik (Oppo) membidik pasar menengah ke atas bisa menjadi ancaman kompetitor. Meskipun berasal dari Tiongkok tetapi fitur-fitur Oppo jarang dimiliki produk seluler terkenal lainnya.
‘’Produk atau merk lainnya tidak semuanya memiliki fitur seperti ini. Dan inilah yang menjadi andalan kami hadir di Indonesia,’’ kata David Lee, Area Manager Oppo Jatim kepada Malang Post di Marina Plaza Surabaya.
Secara detail, David yang didampingi Edi Zhu Asisen Manager,  lantas menjelaskan dan mendemokan fitur-fitur unggulan Oppo. Salah satunya, yang dimiliki Oppo N1 yang dibanderol dengan harga Rp 6,999 juta.
Ketika asyik menjelaskan Oppo N1 yang digunakan kepada Malang Post, tiba-tiba seluler Edi Zhu menerima panggilan.  Karena tidak mau menjawab panggilan itu, Edi lantas membalik posisi handponenya (tengkurap).
‘’Anda tidak perlu menekan tombol apapun. Kalau sedang repot dan tidak mau diganggu tinggal dibalik saja. Panggilan otomatis berhenti,’’ jelasnya dengan menunjukkan N1 miliknya yang ketika dibalik tampilan langsung padam.
Ketika ditanya, apakah bisa N1 membantu tindakan SMS (Short Message Service) tanpa harus menulisnya, Edi segera mempraktekkannya. Begitu appearance (tampilan) menu untuk SMS sudah tersedia, Edi langsung menyebut SMS yang diinginkan.
‘’Ayo makan siang bersama sekarang,’’ ucap Edi ke loud speaker N1-nya. Seketika itu juga, kata-kata yang disebutkannya sudah tertulis dan tinggal di-sending saja. ‘’Makanya enak, kalau lagi nyetir mobil mau SMS-an tidak usah repot pijit-pijit tombol,’’ tambahnya.
Fitur unggulan N1 lain yang juga tersedia disemua tipe Oppo mulai dari Oppo Joy seharga Rp 1.599 juta adalah bisa mengetahui posisi kawan bicara. Edi lantas mempraktekkan dengan memanggil tampilan fitur Snapdragon Quad.
Setelah fitur keluar, Edi menyebut, salah satu nama yang ada di book name N1-nya. Seketika itu juga, posisi dan koordinat kawan yang disebutnya tertera dalam tampilan sekaligus peta lokasinya.
‘’Oppo bisa unggul dalam penjualan dibanding kompetitor karena fitur kami lebih lengkap. Tidak itu saja, kalau konsumen Oppo-nya rusak dan diservis ke Service Center tidak selesai dalam 1 minggu, maka handpone kita ganti dengan yang baru,’’ ujarnya bangga.
Menurut dia, karena animo pasar terhadap produk N1 cukup tinggi maka Oppo segera meluncurkan N1 mini yang dibanderol lebih murah hanya Rp 4,999 juta. Fitur yang dipasang di N1 mini tidak mengalami perubahan sama sekali bahkan banyak penyempurnaan.
‘’Salah satunya, kamera N1 yang pertama dan yang N1 mini kekuatannya 13 megapiksel. Kamera Oppo N1 yang dibuat Sony ini kemampuannya cukup tinggi. N1 mini adalah smartphone pertama di dunia dengan sistem rotating camera,’’ rincinya.
Selain N1 mini, Oppo tambah Edi, akan meluncurkan Oppo Find 7 yang rencananya launching dilakukan di Singapura. Produk Find 7 yang dibanderol Rp 6.999 juta merupakan penyempurnaan Find 7A yang harganya hanya Rp 5.999 juta.
‘’Dari kelebihan fitur-fitur produk Oppo, maka kami yakin sekali kalau target penjualan Oppo tahun 2015 300 ribu unit akan terwujud.  Dan kami tidak hanya menawarkan produk unggulan saja, tapi juga memberikan perhatian unggulan kepada end user,’’ pungkas Edi dibenarkan David.(has/ary)