Tahan Air, Tahan Banting

ANTI AIR : Coolpix S32 terbaru dari Nikon Corporation ini lebih stylish.

MALANG – Nikon Corporation memiliki seri Coolpix S terbaru yang lebih kokoh ketimbang seri sebelumnya. Dengan nama Coolpix S32, seri ini menemani Coolpix S31 yang lebih dulu muncul di pasaran dengan fitur unggulan tahan air dan tahan banting. Head Store Pantai Foto Matos, Dinda Febriana menuturkan, untuk seri terbaru ini memiliki keunggulan pada sisi desain yang lebih stylish.
“Model atau desainnya, Coolpix S32 ini lebih bagus ketimbang Coolpix S31. Tetapi keunggulan fitur waterproof masih sama,” tuturnya.
Menurutnya, Nikon Coolpix S32 merupakan kamera saku yang nyaman dipakai oleh seluruh anggota keluarga. Mulai dari anak kecil, remaja hingga orang tua. Selain itu, dengan kelebihan seperti tahan air dan tahan banting, pecinta alam atau yang hobi berpetualang pun sangat pas memilikinya.
“Untuk pilihan kamera saku dengan ukuran Ultra Compact yang cocok dan pas di telapak tangan, kamera ini memiliki kelebihan yang pas bagi semua kalangan. Tidak perlu khawatir saat jatuh sekalipun yang membawa anak-anak,” papar Dinda.
Ia merinci, bila kamera ini hadir dengan bentuk yang minimalis berukuran 108 x 66 x 40 mm dan berat total 175 gram. Kamera ini juga dilengkapi layar 2,7 inci LCD Touchscreen berwarna, dengan teknologi brightness control.
Hadir dengan bahan material plastik berkualitas, membuat keseluruhan bodi terasa lebih solid dan kokoh. Banyak yang berpendapat, bila Coolpix S32 ini layak menggantikan fungsi smartphone dalam mengambil momen harian atau foto.
Fitur tahan air yang diusung bisa mencapai kedalaman 10 meter. Kelebihan lain seperti tahan debu, tahan jatuh dari 1,5 meter hingga tahan beku.
“Bila dilihat dari fiturnya, kamera ini mampu menggantikan fungsi smartphone dalam mengambil momen di tempat – tempat yang tak mungkin dijangkau smartphone seperti di dalam air,” bebernya kepada Malang Post.
Kamera saku ini dapat menghasilkan gambar dari resolusi terbesar 4,160 x 3,120 piksel hingga yang kecil 480 x 480 piksel. Dalam hal video, kemampuan merekam dengan resolusi 1,920 x 1,080 piksel dan 640 x 480 piksel setara dengan kualitas HD hingga format JPEG. Untuk video, kamera ini menghasilkan video berformat MOV. “Bisa merekam setara kualitasnya dengan handycam,” tegas Dinda.
Dalam hal pengambilan gambar, kamera saku terbaru dari Nikon ini dilengkapi berbagai mode layaknya kamera digital lainnya. Ada berbagai jenis mode seperti Intelligent Auto, Standard, Portrait, Landscape, Neutral, Snow, Museum, Sunset, Panorama hingga 3D Photo. Terdapat pula fitur Auto White Balance With The Image Sensor serta White Balance Correction, Auto Focus dan Manual Focus; Exposure Control Systems, Auto dan manual ISO hingga mode pengambilan video Full HD.
Dalam perangkat terbarunya ini, Nikon memberikan dapur pacu untuk mengatasi kelemahan di seri sebelumnya. Nikon menambatkan CCD sensor dengan resolusi 13,2 Megapiksel. Disokong prosesor terbaik dan lensa NIKKOR 30 – 90mm, kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik dan menampilkan gambar dengan pencahayaan yang jelas, lebih tajam dan akurat. Gabungan Lensa dan CMOS sensor cukup mampu menangkap gambar di tempat minim cahaya. Secara keseluruhan, untuk seri terbaru ini, sedikit lebih baik dari seri sebelumnya dalam hal kualitas gambar.
Untuk kelengkapan fitur lain, Nikon Coolpix S32 dipersenjatai 3x Optical Zoom dan 4x Digital Zoom yang membawa pengguna untuk menangkap gambar lebih rinci. Fitur Electronic Vibration Reduction yang kuat mampu mengurangi Noise dan Blur pada hasil bidikan. Menariknya, Nikon menyematkan HDMI Connector sehingga kamera ini bisa langsung terkoneksi dengan TV.
Semua keunggulan tadi, dapat disimpan dengan memberikan memori eksternal dengan kapasitas mencapai 16 GB. Sementara, harganya tidak begitu jauh dengan Coolpix S31, sebab Coolpix S32 dibandrol Rp 1,25 juta.(ley/ary)