Fisheye Votre Paling Terjangkau

MALANG – Lensa mata ikan (fisheye) beberapa waktu belakangan kian booming bagi pengguna gadget dan pecinta fotografi. Tak pelak, beberapa pabrikan aksesoris pun mengeluarkan produk fisheye. Salah satunya Votre, yang memiliki aksesoris tersebut dengan bandrol super hemat untuk melengkapi pengguna gadget.
Lensa fisheye merupakan jenis lensa ultra wide-angle yang menghasilkan distorsi visual yang disengaja untuk menghasilkan foto lebar panoramik atau hemisperik. Hal penting yang membedakan lensa fisheye dengan jenis lensa lainnya adalah bahwa dari sudut pandang desain produksi, distorsi yang dihasilkan lensa fisheye ini tidak perlu dikoreksi.
Sales Garuda Komputer Kholifatus menyampaikan, booming fisheye berlangsung dalam kurun waktu tiga bulan terakhir. Pesonanya mengalahkan keberadaan tongsis (tongkat narsis) yang menunjang pengguna gadget berfoto selfie.
“Setelah tongsis, lensa mata ikan ini yang sekarang diburu. Baik pengguna notebook maupun smartphone,” beber dia kepada Malang Post.
Perempuan yang akrab disapa Oliv ini mengakui, jika Votre menjadi salah satu brand yang memiliki koleksi fisheye dengan harga terjangkau. Fisheye dengan seri Votre YL-001 tersebut harganya di bawah Rp 100 ribu.
“Untuk pengguna kelas pemula pasti memilih keluaran dari Votre ini. Sudah three in one,” sebutnya.
Tiga lensa yang didapatkan yakni circular fisheye, lensa makro 0,67 wide angle dan mikro lens. Menurutnya, untuk fisheye bisa langsung digunakan untuk menghasilkan efek melingkar atau cembung pada objek yang akan difoto. Lensa circular fisheye ini memproyeksikan sudut pandang 180 derajat dan menghasilkan gambar melingkar di hasil akhir foto. Sementara, dua lensa lain untuk melengkapi.
“Agar gambar lebih sempurna seperti memiliki kamera DSLR. Padahal, hanya menggunakan handphone saja,” papar dia panjang lebar.
Menurutnya, pengguna dapat dengan mudah memasang atau melepasnya sesuai dengan keinginan. Apalagi, dengan bentuknya yang mini, sangat memudahkan dibawa kemana-mana dalam berbagai kondisi.
Menurut dia, bila menginginkan paket fisheye yang lebih bagus dan lengkap, pabrikan lain juga ada. Akan tetapi, harga lebih mahal di kisaran Rp 200-Rp 300 ribuan. “Yang lebih murah, bagi pengguna yang tidak bekerja dalam hal fotografi, keluaran Votre ini terasa cukup,” pungkas perempuan berkerudung ini. (ley/oci)