Bukan Audio Musik Biasa

Earphone menjadi benda penting bagi para pengguna gadget yang tak lepas dari musik.

MALANG – Kehadiran perangkat penunjang aktivitas mendengarkan musik sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari pengguna gadget. Tak pelak, benda earphone pun diburu untuk menunjang kebutuhan audio sang pengguna. Salah satu pabrikan Earphone yang kini asesorisnya tengah naik daun yakni Edifier dengan tampilan yang lighty nan menggoda.
Beberapa seri dari Edifier yang menjadi favorit di pasaran seperti Edifier H101, H150, H180, H210 hingga H285. “Brand Edifier paling digemari. Sebab, pilihannya lebih beragam,” ujar Sales Counter Rise Against Computer Plaza Dieng, Ida Irara.
Menurut dia, dari setiap seri memiliki keunggulan masing-masing. Misalnya model atau desain yang lebih tajam, unggul dalam  mendengarkan genre musik tertentu hingga kekuatan audionya. “Pengguna memang mengutamakan kualitas suara. Tetapi, model yang lighty membuat percaya diri sang pengguna,” goda dia kepada Malang Post.
Dia mencontohkan untuk seri Edifier H180. Suara output tinggi dan dynamic range yang lebar membuat nyaman ketika mendengarkan musik. Neodymium magnet 9mm juga menyediakan kejernihan audio yang luar biasa untuk semua genre musik. Bass respon memanjang sampai ke 20 Hz, sedangkan frekuensi tinggi direproduksi keluar melewati 20 kHz.
Dia menyebutkan, untuk di Malang ini yang menjadi salah satu favorit pada seri H101. Menurut dia, alasan pengguna memilih tipe ini berdasarkan harga. Sebab, harganya dibandrol Rp 225 ribu. “Harga ini terhitung standar bagi pengguna smartphone. Tetapi, yang lebih bagus dan mahal juga ada,” tambah Ida.
Diakui Ida, faktor lain yang mempengaruhi minat pengguna pada pilihan warna. Misal merah, biru, hitam, kuning, atau perpaduan merah dan putih serta biru dan hitam.
Perempuan ramah ini menyampaikan, secara keseluruhan untuk earphone Edifier berada di kisaran harga Rp 180 ribu hingga Rp 400 ribuan. Menurut dia, dalam sehari untuk brand ini bisa dibeli pengguna gadget antara 5-10 pieces.
“Ketimbang brand lain, Edifier kini yang tengah memimpin. Kualitasnya tidak perlu diragukan lagi untuk menunjang mendengarkan musik maupun telepon,” pungkas dia.(ley/ary)