Fitur Premium Buat Stabil Penjualan

MALANG - Oppo termasuk vendor ponsel Tiongkok yang langsung menggebrak di pasaran. Beberapa serinya langsung disukai oleh pengguna gadget karena memiliki kelebihan tersendiri. Termasuk fitur premium seperti easy gesture yang dibenamkan pada produknya, sekalipun harga ponsel tersebut tergolong menyasar kalangan menengah ke bawah.

Contohnya pada tipe Oppo Yoyo dan Oppo Joy, yang hingga kini masih menjadi favorit di pasaran. Kedua ponsel tersebut, dibandrol dengan harga di bawah Rp 3 juta. Sementara, fitur yang tergolong premium easy gesture dan telah menggunakan ColorOs 1,2.

Smartphone dengan seri R2001 itu memiliki resolusi layar 960 x 500 pixel, dengan dukungan sistem operasi Android OS 4.2.2 Jelly Bean. Yang membuat Oppo Yoyo semakin terlihat premium, penggunaan Color OS 1.2 yang dapat mengenali 13 gesture (tanda) dan dapat dicustom dengan fitur yang sering pengguna pakai.

“Tinggal membuat gesture sesuai dengan selera pengguna, dan memilih fitur apa yang sesuai dengan model gesture tersebut. Cara mengaplikasikannya, langsung membentuk gesture dan ponsel akan membuka aplikasi yang dimaksud,” papar Promotor Oppo MOG, Diego Ardita.

Dia menyampaikan, Oppo Yoyo menjadi best seller bagi keseluruhan produk Oppo. Dibandrol hanya dengan Rp 2,99 juta, Oppo Yoyo dibekali layar berukuran 4,7 inci dan bertipe IPS (In Plane Switching). “Ukuran layar ini termasuk dalam golongan smartphone lux yang digemari pengguna,” ujarnya.

Slot dual SIM Oppo Yoyo menggunakan jaringan pendukung GSM dan HSDPA. Dual SIM pada ponsel ini dapat digunakan bersamaan, menjadikan pengguna memasukkan dua nomor dalam satu ponsel.

Ketika melihat koneksi internet, ponsel ini menggunakan HSDPA dengan kecepatan 42.2 Mbps serta HSUPA dengan laju 11.5 Mbpss. Sedangkan untuk konektivitas data disediakan Bluetooth v4, wi-fi, A-GPS dan USB OTG. Dengan USB itu, pengguna dapat dengan mudah memindahkan data karena dapat konek dengan komputer atau flashdisk dengan kecepatan data yang tinggi

Dapur pacu ponsel ini telah ditenagai dengan processor quad-core dari MediaTek. Selain itu dibekalkan pula pengolah grafis dari Mali-400 MP2 yang dapat menghasilkan grafis yang cukup jernih ketika memainkan game berat. “Gambar semua seri Oppo pasti tajam. Pembandingnya tentu saja kompetitor dengan harga yang sama,” tambah dia kepada Malang Post
Kinerja ponsel ini juga cukup optimal dengan laju 1.3 Ghz dan dukungan RAM 1 GB yang menghasilkan performa yang cepat dan responsif. Untuk kapasitas penyimpanan ponsel ini dibekali internal memori 4 GB yang terbilang kurang besar untuk ponsel kelas menengah. Namun jangan cemas, karena ponsel ini juga dilengkapi dengan slot microSD yang dapat menambah kapasitas penyimpanan pada ponsel ini hingga 32 GB.

Tidak bisa dipungkiri, bila fitur kamera yang ditanamkan pada ponsel juga menjadi perhatian bagi pengguna ponsel. Oppo memperhatikan seri Yoyo ini dengan memberi kamera yang cukup mumpuni. Untuk mengabadikan momen penting, ponsel ini telah ditanamkan kamera berukuran 8 MP dengan resolusi 3264 x 2448 pixels.

“Selain itu kamera belakang ini juga telah dibekali fitur autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus dan face detection. Sedangkan untuk anda yang senang beraktifitas selfie dan video call, Oppo Yoyo ini telah dibekali kamera 2 MP yang menghasilkan hasil gambar yang lumayan tajam untuk kamera depan,” terang dia.

Satu tambahan lagi, Oppo Yoyo memiliki keunggulan dengan adanya fitur Glove Mode. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat mengakses ponsel sekalipun menggunakan sarung tangan. “Sangat responsif menerima sensor sentuhan walaupun pengguna memakai sarung tangan,” jelas pria ramah ini.

Sementara itu, seri berikutnya dengan harga yang lebih murah lagi adalah Oppo Joy. Smartphone berlayar 4 inchi resolusinya rendah 480x800 pixel dengan dimensi 124x63x9.9mm berat 125g. “Kelasnya lebih bawah dari Oppo Yoyo. Tetapi fiturnya tetap tidak kalah dan masih khas dari Oppo,” beber dia.

Misalnya pada fitur easy gesture dengan ColorOS. Menurut Diego, user interface ColorOS memberi kemampuan pada kemudahan interaksi display melalui Gesture Panel, pengguna dapat mengaktifkan aplikasi pilihan hanya dengan menggambarkan pola simpel pada Gesture Panel tadi.  Fitur lainnya bukan hal baru adalah Gloves Mode memungkinkan pengguna berinteraksi dengan display walau menggunakan sarung tangan. “Masih sama dengan seri Oppo yang lain, sehingga pasti tidak kalah bersaing,” yakinnya.

Dia menambahkan, untuk dapur pacu menggunakan prosesor dual core 1,3  Ghz membuat ponsel yang dibandrol Rp 1,79 juta ini terhitung mumpuni dengan kompetitor di kelas harga yang sama. Diego menyebutkan, Oppo juga kerap memberikan harga spesial pada produknya. Seperti Oppo Yoyo yang akhir pekan ini tersisa menjadi Rp 2,69 juta dan Oppo Joy menjadi Rp 1,49 juta saja. (ley/feb)