Online Makin Puas Dengan Layar Lebar iPhone 6

MALANG – Kemewahan generasi terbaru dari smartphone besutan Apple, yakni iPhone 6 kini sudah bisa dinikmati di Kota Malang. Salah satunya, penggemar gadget bisa menemukan di iFind Reseller Malang Olympic Garden (MOG). Ponsel yang dirilis di minggu kedua September ini, memiliki layar yang lebih lebar dan material yang lebih mewah ketimbang generasi sebelumnya.
Owner iFind Reseller MOG, Eko Santoso menyampaikan, iPhone 6 ini lebih lebar layarnya sebesar 4,7 inci demi memenuhi keinginan pengguna. Sebab, beberapa smartphone dari vendor lain telah menggunakan layar lebar  untuk menunjang kenyamanan, misalnya dalam menonton video. “Beberapa waktu terakhir layar yang lebih lebar digemari oleh pengguna gadget karena menunjang aktivitas online maupun menampilkan gambar yang lebih memuaskan,” ujarnya.
Menurut dia, kehadiran ponsel penerus iPhone 5 dan iPhone 5S ini di Kota Malang masih sangat fresh di awal pekan ini, itupun dalam jumlah terbatas. “Masih untuk memenuhi pemesan yang sudah penasaran begitu dikenalkan di pasaran 10 September lalu,” beber dia kepada Malang Post.
Pria ramah ini menambahkan, jika pengguna masih membutuhkan layar yang lebih lebar lagi, bisa memilih iPhone 6S dengan layar sebesar 5,5 inci. Tak pelak, pengguna iPhone kini semakin dimanjakan dengan gadget yang tidak kalah dengan kompetitor mengenai ukuran.
Eko menyebutkan, untuk teknologi dipastikan jauh lebih baik pula. iPhone 6 sudah mendapat dukungan konektivitas 4G LTE, setingkat dari 3G. Konektivitas tersebut, merupakan generasi terbaru di dunia telekomunikasi.
Dia merinci, untuk iPhone 6 dengan luas layar 4,7 inci akan menggunakan RAM sebesar 1GB. Sementara, dengan ukuran 5,5 inci dan biasa disebut iPhone 6S, sudah dibenamkan RAM sebesar 2 GB. Keduanya diberi dapur pacu prosesor dual core dengan CPU A8. Sedangkan layarnya dengan resolusi sebesar 960 x 1704 piksel dan tingkat kerapatan sebesar 416 ppi.
Tampilan layarnya juga mengusung teknologi khas Apple bernama Retina HD. Yang mana, dengan teknologi itu, iPhone 6 menyajikan resolusi gambar lebih dari 1 juta pixel -- sepertiga lebih besar dibandingkan resolusi pada iPhone 5S. Sedangkan iPhone 6 Plus menawarkan resolusi 2 juta pixel.
Teknologi kaca safir yang digunakan oleh Apple, dirancang agar tahan terhadap benturan sehingga iPhone 6 tidak akan mudah pecah. Selain kaca safir, perangkat pintar ini akan memiliki fitur anti air.

Kamera juga salah satu fitur yang ditingkatkan oleh Apple di iPhone 6. Eko mengatakan iPhone 6 menggunakan kamera 10MP (4,7 inci) dan 13MP (5,5 inci) serta fitur OIS (Optical Image Stabilization). “Kamera itu juga dilengkapi dengan autofocus, dual-LED dan sejumlah fitur lain seperti face detec, HDR panorama dan HDR Photo,” tambah dia.
Perubahan lain yang pengguna rasakan yakni Apple memindahkan tombol on-off ke sisi kanan perangkat. Tujuannya untuk memudahkan pengguna mengoperasikan smartphone yang lebih besar ini,. Jika tombol home diketuk dua kali, seluruh tampilan layar akan turun sehingga pengguna bisa mengoperasikan item-item yang terdapat di sisi atas layar.
Perangkat lunak iPhone 6 dan 6 Plus menggunakan sistem operasi iOS 8 terbaru, yang tidak terlalu banyak perubahannya dibandingkan iOS 7. Tambahan di iOS 8 termasuk perangkat kesehatan untuk mengukur detak jantung pengguna, waktu tidur, berat badan dan tekanan darah. IOS 8 juga akan memiliki fitur HomeKit, yang membantu pengguna mengoperasikan beberapa item di rumah dengan iPad atau iPhone.
Dengan spesifikasi yang lebih bagus, Apple melengkapi hardware-nya dengan fitur balance agar baterai tetap awet dalam pemakaian lama. iPhone 6 juga keluar dengan beberapa model  yakni 16, 32, 64,  dan 128 GB. (ley/oci)