Notebook Mini, Dilengkapi Fitur Touchscreen

MALANG – Bodi ramping dan ringan ketika ditenteng, menjadi keunggulan dari salah satu notebook terbaru dari Dell. Seri Dell Inspiron 11 3000 Series dengan layar 11,6 inci tersebut ditunjang dengan fitur touchscreen yang menjadi daya tarik tambahan untuk menjadikan seri ini amunisi terbaru bagi pengguna notebook.
Marketing Mbahe Computer Plaza Dieng Malang, Novan Gebbyano mengatakan, seri ini baru dikenalkan sekitar sebulan. Kehadirannya di pasar notebook Kota Malang juga terhitung gress, karena baru dua pekan terakhir. “Memasuki pertengahan bulan baru ada barang di sini. Dell Inspiron 11 3000 Series ini merupakan notebook enteng tapi canggih,” katanya.
Dell Inspiron 11 3000 Series menawarkan fitur touchscreen dengan dukungan prosesor dual core Intel Celeron 2955U 1.40Ghz. Tampil dengan OS Windows 8, perangkat ini memiliki berbagai macam kelengkapan seperti dua buah port USB 3.0 dan satu buah port USB 2.0 , HDMI, pembaca kartu SD, LAN, audio, serta slot security.
Seperti bentuknya yang terlihat mini, Notebook dengan harga sekitar Rp 4,6 jutaan ini juga memiliki tombol keyboard yang mungil. “Khusus di samping tombol navigasi atau alt kanan, terdapat fungsi seperti klik kanan pada mouse,” beber dia kepada Malang Post.
Perangkat ini bisa berakselerasi di kecepatan rata-rata 40MB per detik saat meng-copy ukuran file 1,43GB dengan waktu 51 detik. Sementara, RAM berkapasitas 2GB menjadi pelengkap aplikasi.
Perangkat ini juga dilengkapi konektivitas Bluetooth dan WiFi. Windows 8 juga menyediakan akses mudah kepada pengguna untuk mengaktifkan kamera notebook pada  tampilan desain Metro. Kamera bisa diatur ke posisi maksimal di 0,9MP.
Sementara itu, hardisk ditanamkan dengan kapasitas 500GB. Dell Inspiron 11 3000 Series juga mengadopsi Intel HD Graphics dengan resolusi 1366x768 piksel. Bila dibandingkan seri notebook yang mengadopsi AMD Radeon terbaru, Intel HD Graphics memang dirasa kurang mampu menampilkan grafis yang mulus ketika memainkan game 3D. Namun, perangkat tetap mampu menampilkan kualitas video atau film HD dengan baik.
“Ukurannya memang mini. Lebih cocok untuk aktivitas olah data untuk menunjang pekerjaan kantor atau anak kuliah. Terutama dengan body dan berat yang ringan, mobilitas tinggi dari pengguna perangkat ini pasti beruntung,” tambah Novan.
Laptop ini cukup praktis dengan tombol shortcut (f1-f12) untuk pengaturan kecerahan cahaya, besar atau kecilnya suara volume, mute, masuk ke opsi Search, Settings serta modus Airplane. Sementara untuk ketahanan baterai, ketika sudah dicharge secara penuh dan menampilkan indikator 99 persen, perangkat menunjukkan durasi hidup selama 7 jam 51 menit. (ley/feb)