Smartphone Nokia Makin Menggoda

MALANG – Pabrikan Nokia, dalam kurun waktu satu tahun terakhir tidak ingin ketinggalan dengan vendor lain untuk memanjakan pecinta gadget. Pabrikan tersebut mengeluarkan smartphone yang tidak kalah menggoda, baik secara fitur dan kualitas maupun tampilan fisiknya. Misalnya pada seri Lumia dan seri X, menjadi andalan dari Nokia untuk menggaet pengguna yang berburu fitur berkualitas untuk gadgetnya.
Seri paling baru misalnya Nokia Lumia 530. Generasi penerus dari Lumia 525 dan Lumia 520 tersebut telah memiliki keunggulan pada penggunaan sistem operasi Microsoft terbaru, yakni Windows Phone 8.1 dengan prosesor Quad Core menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 200 MSM 8212 ARM Cortex-7 berkecepatan 1,2GHz.
“Sebagai generasi penerus dari seri sebelumnya, Lumia 530 ini lebih menyasar kalangan menengah ke bawah. Harganya saja Rp 1,3 jutaan,” beber Promotor Nokia, Astu Roka.
Untuk kapasitas penyimpanannya, smartphone ini memiliki memori internal sebesar 4 GB yang bisa diupgrade dengan Micro SD untuk memori tambahannya bisa mencapai 128 GB. Untuk fitur hiburannya perangkat ini terdapat kamera belakang sebesar 5 MP dan tidak ada kamera depannya. Kamera smartphone ini juga mampu merekam video resolusi FWVGA 854 x 480 piksel.
Untuk bagian koneksi, perangkat ini memiliki dukungan konektivitas yang cukup lengkap. Antara lain dukungan WiFi, Bluetooth, GPS, port microUSB, dual SIM, dan dukungan 3G HSPA.
Sementara itu, Nokia juga memiliki ponsel seri X terbarunya yakni X2. Dari segi spesifikasi,  ponsel ini cukup menarik. Terlebih, Nokia juga memberikan jaminan jika ponsel barunya ini lebih handal dibandingkan dengan pendahulunya. Nokia menawarkan spesifikasi dan support Android yang lebih baik. Yakni dengan menggunakan Android 4.3 Jelly Bean.
Sementara untuk perangkatnya, Nokia X2 ini merupakan ponsel yang mengandalkan memori RAM 1 GB. Dengan demikian, RAM tersebut terhitung paling besar dibandingkan dengan seri X sebelumnya. Sebab, untuk Nokia X masih dibekali dengan memori RAM 512 MB, sedangkan seri berikutnya, Nokia XL dibekali memori RAM 768 MB.
“Memori RAM yang lebih tinggi tersebut seakan jamina Nokia X2 lebih tangguh, dalam hal membuka maupun menjalankan aplikasi,” tegasnya. (ley/feb)