Bundling Lensa, Cocok Untuk Foto Selfie

MALANG – Raksasa elektronik Samsung mengenalkan seri kamera mirrorless yang menyasar segmen entry-level, dengan nama NX3000 sejak pertengahan 2014. Salah satu daya tarik kamera ini yakni memudahkan pengguna untuk melakukan potret diri alias selfie.
“Trend foto selfie memang tengah marak. Untuk itulah salah satu seri kamera dari Samsung yang dapat menunjang aktivitas tersebut dengan NX3000 ini,” ujar Leader Store Pantai Photo Matos, Dinda Febriana.
Fitur pada NX3000 yang terbukti mampu menunjang tujuan tersebut misalnya layar LCD 3 inci yang bisa ditekuk 180 derajat hingga menghadap ke depan (flip up). Selain itu, Samsung juga menyertakan fitur bernama Wink Shot. Melalui fitur itu pengguna NX3000 bisa menghadapkan kamera ke wajah, lalu menjepret foto dengan mengedipkan mata setelah kamera ini mengenali wajah  pengguna yang bersangkutan.
“Tak perlu lagi repot-repot menggapai tombol shutter ketika ingin mengambil selfie. Makin mudah saja,” goda dia kepada Malang Post.
Spesifikasi NX3000 yang menyempurnakan hasrat untuk mengabadikan gambar dengan balutan sensor APS-C sebesar 20 megapixel. Ditunjang rentang sensitivitas ISO 100-25600, burst rate 5 FPS, dan kecepatan rana hingga 1/4000 menjadi jaminan dari kualitas gambar yang dijepret. “Tidak ada flash internal, tetapi pengguna bisa menggunakan flashgun eksternal yang bisa dipasang di hotshoe,” tambahnya.
Menurutnya, NX3000 turut dilengkapi fasilitas koneksi yang mencakup Wi-Fi dan NFC untuk keperluan transfer gambar ke smartphone atau gadget mobile lain. Tidak perlu lagi memindahkan memori ke personal computer atau notebook. Tinggal mencari koneksi Wi-Fi saja, lalu berkirim gambar.
Dinda menyebutkan, NX3000 mengusung konsep yang sedikit berbeda dibanding pendahulunya, NX2000. Layar NX3000, misalnya, berukuran jauh lebih kecil (3 inci berbanding 4,7 inci) serta tak mendukung touchscreen.
Dalam satu paket NX3000 ini, akan dibundling dengan lensa zoom 16-50mm F3.5-5.6 ED OIS yang ukurannya cukup kompak. Pilihan warna kamera yakni hitam, putih atau coklat dan dijual dengan harga Rp 5,7 jutaan. (ley/feb)