Semua Fitur Menunjang Untuk Foto Narsis

MALANG - Kamera jenis mirrorless dikenal memiliki ukuran fisik relatif lebih kecil dibandingkan DSLR. Beberapa produsen mencoba mengecilkan ukuran mirrorless lebih jauh lagi. Begitu pula yang dilakukan oleh Samsung yang mengeluarkan seri NX Mini dengan ketebalan hanya 23 milimeter .
“Mirrorless dari Samsung ini bisa menjadi yang tertipis untuk saat ini. Selain itu, bobotnya hanya 160 gram saja,” ujar Leader Store Pantai Photo Matos, Dinda Febriana.
Dalam melengkapi kamera sekecil itu, Samsung menggunakan sensor 20 megapiksel 1 inci, yang berukuran serupa dengan sensor pada kamera saku Sony RX 100. Bedanya, lensa pada NX Mini bisa dilepas dan diganti-ganti. “Pemilik kamera mirrorless Samsung jenis lain bisa turut memasang lensa mereka pada NX Mini dengan membeli adapter yang dijual terpisah,” beber dia kepada Malang Post.
Dia merinci, bila NX Mini memiliki layar sentuh berukuran 3 inci yang dapat ditekuk 180 derajat menghadap ke arah depan sehingga bisa dipakai untuk melakukan foto sendiri, misalnya dengan alat tongsis. Resolusi 320 x 480 piksel semakin menyempurnakan kamera tersebut.
Untuk melengkapi, kamera Samsung NX Mini  juga dibekali dengan  lensa 9mm wide-angle. Sehingga dengan lensa tersebut, kamera NX Mini ini mampu mengambil foto beberapa orang sekaligus. Selain itu kamera NX Mini tersebut juga dibekali dengan fitur Wink, yang mana fitur ini mampu memudahkan pengguna untuk melakukan foto selfie karena hanya dengan mengedipkan mata saja, setelah itu tunggu hanya 2 detik saja dengan otomatis akan mengambil gambar dengan sendirinya.
Kamera Samsung NX Mini tersebut telah dibekali dengan sensor 1″ BSI CMOS  dengan dibekali resolusi 20,5 MP serta dengan rentang ISO antara 160 – 128.000. “Kamera ini juga mampu memberikan continuous shot  yang berkecepatan 6fps dengan shutter speed 1/16000, fitur juga sangat cocok sekali disaat mau mengambil dengan mendadak atau dengan sangat cepat,” papar Dinda panjang lebar.
Perempuan ramah ini menyebutkan, kamera ini dilengkapi dengan fitur electronic shutter yang mampu mencapai kecepatan yang terbilang sangat tinggi untuk ukuran kamera mini, yakni 1/16.000 detik. Spesifikasi lain mencakup burst rate 6 FPS serta konektivitas WiFi dan NFC.

Samsung menyediakan NX Mini dalam beberapa pilihan warna, antara lain putih, hitam, coklat, dan merah muda. Bandrolnya kini dipatok di kisaran Rp 4,9 jutaan. (ley/feb)