Indosat Luncurkan Portal Digital Batik Pertama di Indonesia

Serahkan Donasi Untuk Pengrajin Batik Indonesia
JAKARTA- Bertepatan dengan Hari Batik Nasional 2 Oktober, Indosat meluncurkan portal digital BATIKOLOGY.org bagi netizen Indonesia. Peluncuran ini melanjutkan komitmen kepedulian Indosat untuk pelestarian batik sebagai warisan budaya Indonesia.
BATIKOLOGY.org yang berisikan konten-konten interaktif, menarik dan relevan tentang Batik ini, mengusung konsep user generated content (UGC) yang mengajak semua orang untuk berkontribusi di dalam portal tersebut.  BATIKOLOGY.org juga merupakan UGC portal batik pertama di Indonesia dan di dunia.
“Peluncuran portal digital BATIKOLOGY.org ini merupakan cara kami mengekspresikan nasionalisme dan rasa cinta kami terhadap negeri. Apalagi menjadi user generated content portal batik pertama di Indonesia dan di dunia. Kami juga  bangga dapat menjadi bagian dari pelestarian batik Indonesia sebagai salah satu warisan budaya bangsa. Hal ini kami wujudkan dengan Penyerahan Donasi Batik untuk kemajuan industri Batik di Indonesia,” kata  Alexander Rusli, President Director & CEO Indosat, kemarin.
Terdapat 3 features yang ada, yaitu Batik Spot, dimana pelanggan dapat merekomendasikan tempat-tempat penjual batik favoritnya kepada user lain (traveler) dengan cara melakukan checkin di tempat-tempat penjual batik. Selain itu ada juga feature  Batiknowledge dimana pelanggan bisa berbagi konten pengetahuan seputar batik, mulai dari tipe-tipe batik yang ada di Indonesia hingga tips bagaimana merawat batik. Dan tidak ketinggalan ada juga feature Galeri Batik dimana pelanggan dapat membagikan foto-foto bertema batik dengan mencantumkan hastag #batikology.
Dukungan Indosat dalam melestarikan batik sebagai budaya bangsa juga diwujudkan melalui penyerahan donasi batik kepada tokoh pembina batik Indonesia, Darwina Pontjo Sutowo  yang aktif membina industri Batik Indonesia. Penyerahan donasi telah dilakukan  di kantor pusat PT Indosat pada 29 September lalu.
“Donasi Batik berasal dari pelanggan Indosat melalui pembelian voucher isi ulang edisi khusus batik pada Hari Batik Nasional tahun 2013. Setiap pembelian voucher isi ulang tersebut disisihkan sebesar Rp. 50/voucher tanpa memotong pulsa pelanggan,” terangnya.
Dalam rangka memperingati hari Batik Nasional, Indosat mengadakan kompetisi Digital activation dengan tema Photo story competition #Batikology. Caranya cukup mudah, para peserta diharuskan mendaftarkan diri di www.batikology.org dan juga follow twitter @indosatmania https://twitter.com/IndosatMania,kemudian peserta dapat meng-upload foto tema Batik mereka ke twitter. Sertakan juga cerita tentang keunikan batik tersebut, misalnya nama pengrajin, sejarah, motif, cerita di balik batik, dll dengan hashtag #Batikology dan mention @indosatmania. Kompetisi ini akan berlangsung sampai 15 November mendatang. Dan bagi pemenang dengan foto terbaik akan hadiah menarik dari Indosat. (aim)