Dorong Developer Lokal Ke Tingkat Regional

Telkomsel dan Samsung terus meningkatkan kerjasama strategis. Seperti yang telah dicanangkan antara Singtel Group sebagai induk usaha Telkomsel dan Samsung di awal April tahun ini. Terbaru, keduanya meluncurkan program ‘Indonesia Next Apps’. Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu mengatakan, program ini akan membawa perubahan positif dalam hal perkembangan ekosistem digital.
Aplikasi ini merupakan kolaborasi kedua perusahaan dalam mendorong pertumbuhan ekosistem aplikasi di Indonesia. Program tersebut bertujuan mengidentifikasi developer (pembuat aplikasi) lokal yang inovatif dan dapat membantu mempercepat pengembangan sang developer untuk mendapatkan akses ke tingkat regional. Start-up yang dipilih pada program ini akan memiliki kesempatan untuk dipasarkan aplikasinya oleh SingTel (Singapura), Optus (Australia), AIS (Thailand), Globe Telecom (Filipina), dan Telkomsel (Indonesia) di pasar masing-masing.
“Sebagai operator yang memiliki visi untuk menjadi penyedia layanan mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya, kami yakin program kerjasama dengan Samsung  ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan ekosistem digital di Indonesia,” terang Marina Kacaribu.
Menurut dia, perkembangan tersebut memerlukan kolaborasi yang menyeluruh, meliputi tiga hal penting, yaitu Device, Network dan Applications. Lewat program ini Telkomsel dan Samsung ingin mendorong developer lokal di Indonesia untuk dapat menembus pasar regional.
Sementara itu, Director Service Innovation Samsung Electronics Indonesia, Andreas W. Djiwandono menuturkan, sebagai pabrikan pemimpin pasar mobile phone Android di Indonesia, Samsung mendukung developer untuk dapat lebih memanfaatkan fitur-fitur sesuai SDK (software development kit). “Samsung telah menyediakan fitur dan aplikasi dengan fungsi yang khas. Perangkat Samsung juga terbukti memberikan solusi terhadap gaya hidup pengguna Android,” paparnya.
Menurutnya, sebuah perangkat smartphone yang canggih harus didukung dengan konten yang baik, menarik, dan mudah digunakan serta sesuai dengan kebutuhan pengguna. Sehingga, kerjasama dengan Telkomsel sebagai operator nomor satu di Indonesia diyakini akan mewujudkan program Samsung lebih baik ke depannya.
Dia menyebutkan, Indonesia Next Apps sukses menjaring sebanyak 147 aplikasi dari 90 developer lokal. Selanjutnya, tim juri yang terdiri dari Telkomsel, Samsung Indonesia dan Daily Social mengerucutkan menjadi 7 finalis yaitu Kakatu, Cubeacon, Jepret Story, phiRUNtrophy, PiPets, IO Notes, dan SIGAP. Beberapa parameter penilaian diantaranya adalah ide, model bisnis, desain UI/UX apps, problem solving untuk market, cara monetize, dan lainnya.
Pemenang utama dari kompetisi ini mendapatkan hadiah uang tunai, smartphone Samsung, dan diundang untuk menghadiri ‘Startup Mentorship Programmed’ yang merupakan program kolaborasi dengan SingTel. Selain itu, aplikasinya didaftarkan untuk mengikuti ‘Singtel Group – Samsung Regional Mobile App Challenge’, dan dipromosikan di program Bundling Telkomsel dan di Samsung Galaxy Apps. “Selain itu untuk aplikasi yang masuk dalam kategori top 5 akan dipromosikan di Samsung Galaxy Apps homepage,” pungkas dia. (ley/ary)