Asus Perbarui Generasi Zenfone

MALANG–Tidak lama lagi, generasi smartphone besutan Asus, yakni seri Zenfone, baik Zenfone 4, Zenfone 5 maupun Zenfone 6 akan mendapatkan update firmware terbaru. Sehingga, smartphone tersebut akan segera menggunakan sistem operasi Android KitKat yang menawarkan pembaruan fitur lebih baik lagi.
Owner Loecyha Cell, Siska Lusia menyampaikan, bila pembaruan yang dijanjikan Asus ini sudah diketahui oleh penggemar gadget di Kota Malang. Termasuk untuk Asus Zenfone 4, yang sudah diumumkan sejak awal Oktober ini.
“Sudah diawali di Tiongkok, Taiwan. Untuk negara lain termasuk Indonesia juga sudah mulai bisa dicoba. Untuk seri Zenfone 4, pengguna di tanah air sudah dapat menjajalnya melalui mekanisme over-the-air (OTA),” ujarnya.
Menurutnya, penggemar gadget pun mulai bertanya mengenai update tersebut. Tak pelak, seri Zenfone kembali diburu. Baik itu Zenfone 4,5 maupun 6. “Memang seri 4 yang paling cepat, sebab harganya juga paling terjangkau yakni Rp 1,2 jutaan,” beber dia kepada Malang Post.
Sementara itu, setelah Asus merilis update Android KitKat untuk Zenfone 4, kini kedua saudaranya, Zenfone 5 dan Zenfone 6 juga mulai mendapatkan perlakuan yang sama untuk mendapatkan update firmware terbaru. “Tetapi untuk di Indonesia, untuk dua seri ini masih harus bersabar,” tambahnya.
Menurut dia, dalam pembaruan seri Zenfone ini (4,5, dan 6), pengguna akan mendapatkan banyak kemajuan fitur baru yang dikembangkan misalnya saja pemblokiran panggilan. Selain itu, kemampuan dual mode (siaga dalam waktu bersamaan) untuk varian dual sim dan kemudian ada fitur ‘Do Not Distrub’.
Terpisah, Sales Branded Store Plaza Dieng Malang, Eki Anggraeni mengakui hal serupa. Tiga hari terakhir, peminat Asus Zenfone juga kembali bergairah. “Malahan, untuk seri Zenfone 6 sudah sold out,” tegas dia.
Dia menyebutkan, pembaruan sistem operasi ini juga akan merubah Mode Easy yang sudah tertanam akan dapat menampilkan kontak. Kemudian log panggilan, dialer, dan aplikasi messaging dipastikan memiliki tampilan lebih baik ketika dibaca.
“Informasi update terbaru seperti itu. Bukan hanya sekadar upgrade Android KitKat, tetapi juga meningkatkan kemampuan hasil gambar dengan adanya image stabilization yang bekerja secara otomatis ketika kamera dijalankan,” papar Eki panjang lebar.
Menurut dia, pembaharuan firmware ini memiliki ukuran 456 MB. Pengguna harus memastikan berada dijalur Wifi ketika ingin mendownloadnya, agar berjalan dengan stabil. Untuk melakuka update via OTA, pengguna tinggal menuju ke menu Setting, pilih About phone, berlanjut ke System update.
“Jika sudah tersedia langsung saja klik untuk menjalankannya. Tetapi masih Zenfone 4 dulu,” tandas dia.(ley/ary)