Penguasa Facebook Berakhir Pekan di Indonesia

JAKARTA - Mark Zuckerberg dikabarkan telah tiba di Indonesia akhir pekan ini. Pendiri sekaligus CEO Facebook ini punya agenda yang harus dihadiri selama satu minggu ke depan. Setelah bertolak dari New Delhi, India, Zuck dikabarkan langsung terbang ke Indonesia untuk berakhir pekan terlebih dulu sebelum mendatangi sejumlah agenda acara di Jakarta.
Di sela akhir pekannya, suami Priscilla Chan ini akan menghadiri sejumlah pertemuan dengan para pejabat negara. Menurut sumber, Zuck ada kemungkinan untuk sowan ke Jokowi sebagai presiden terpilih yang akan dilantik tak lama lagi.
Agenda lainnya, anak muda terkaya di dunia ini rencananya juga akan menyambangi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Sementara pada hari Senin (13/10/2014), Zuck rencananya akan bertemu dengan para petinggi Ericsson dan XL Axiata.
Masih di hari yang sama, pemilik nama asli Mark Elliot Zuckerberg ini juga akan menyempatkan diri untuk bertemu media terbatas selama 30 menit untuk sesi wawancara ekslusif di Hotel Four Seasons sebelum mendatangi acara Internet.org Developer Workshop di @america, Pacific Place SCBD.
Sama seperti yang dilakukan di India, Internet.org yang juga didukung oleh Ericsson, MediaTek, Opera Software, Samsung, Nokia, dan Qualcomm ini, akan jadi panggung bagi Zuck untuk tampil langsung di hadapan pegiat IT di Tanah Air.
Internet.org merupakan gerakan untuk menyediakan internet bagi semua orang di dunia. Facebook bersama dengan lima perusahaan lain di bawah payung Internet.org, sebuah kolaborasi global yang ingin menyediakan akses internet di dua pertiga bagian dunia yang belum terhubung dengan internet, memusatkan perhatian pada sejumlah tantangan utama di negara-negara berkembang.
Salah satu di antaranya adalah pemanfaatan data atau jaringan internet yang lebih efisien dan kerja sama industri untuk, secara signifikan, mengurangi jumlah data dan sinyal yang diperlukan dalam menggunakan kebanyakan aplikasi dan mengakses pengalaman internet lainnya.
Di acara ini akan digelar pula acara semacam Facebook Hackathon, yang memungkinkan para developer menguji dan memprofilkan aplikasi dengan penggunaan jaringan yang efisien secara langsung untuk memastikan aplikasi-aplikasi ini dioptimalkan untuk kondisi jaringan di negara-negara berkembang.
"Mark (Zuckerberg) memang memiliki perhatian khusus untuk urusan coding, jadi ketika ada acara yang berhubungan dengan programmer dia antusias untuk datang," kata sumber yang mengetahui rencana ini.
"Lain halnya jika urusan bisnis, maka Mark kurang begitu tertarik dan lebih sering diwakili oleh eksekutif Facebook yang lain," lanjutnya. Itu sebabnya, untuk sejumlah kerja sama bisnis, Sheryl Sandberg yang merupakan COO Facebook, dikabarkan juga akan ikut hadir menemani bosnya.(dtc/fia)