Upgrade ke Telkomsel, Pelanggan Flexi Dibanjiri Keuntungan

RUMAH BARU: Pelanggan Flexi akan segera menempati ‘rumah baru’ setelah adanya upgrade layanan ke Telkomsel.

MALANG – Pengguna Telkom Flexi segera bersiap memiliki nomor baru. Pasalnya dalam waktu dekat, Telkom akan melakukan program upgrade layanan Flexi ke Telkomsel. Hal ini dilakukan seiring dengan adanya program pemerintah sesuai dengan Peraturan Menkoinfo No 30 Tahun 2014 dan KM No 934 Tahun 2014 tentang Penataan Pita Frekuensi dan Pengalihan Izin Penggunaan Frekuensi 800 Mhz.
Kepada Malang Post, GM Telkom Witel Malang, Hendro Setyo Budi mengatakan upgrade layanan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan Flexi. Ada beragam benefit yang nantinya akan dinikmati oleh pengguna Flexi setelah melakukan upgrade ke Telkomsel.
“Telkom bersama Telkomsel telah menyiapkan ‘rumah baru’ untuk menampung eks pelanggan Fleksi ke layanan baru yang diberi nama Kartu As Flexi (pra bayar) dan Kartu Halo Flexi (pasca bayar). Program ini berlaku secara nasional dan dilakukan secara bertahap. Diperkirakan akan selesai hingga pertengahan tahun depan. Perlu digarisbawahi, adanya program upgrade layanan Flexi ini tidak serta merta langsung mematikan nomor Flexi yang dimiliki oleh pelanggan. Jadi pelanggan tak perlu khawatir dengan adanya kebijakan ini,” urai Hendro pada Malang Post, kemarin.
Pada program ini, pelanggan Flexi akan diberi nomor baru Telkomsel. Meski demikian, nomor pelanggan lama masih dapat dihubungi dan panggilan akan dialihkan ke nomor yang baru. Sehingga pelanggan pun tidak kehilangan kontak dengan para relasi yang sudah mengetahui nomor lama mereka. Selain itu, para relasi yang menghubungi nomor lama, akan mendapat SMS langsung pemberitahuan bahwa nomor tersebut berganti menjadi nomor baru Telkomsel.
Walaupun berganti menjadi nomor GSM, lanjut Hendro, namun Telkom memastikan tarif yang berlaku tetap tarif CDMA seperti yang selama ini diterapkan oleh Flexi. Antara lain Rp 49/menit untuk panggilan ke sesama Flexi. Di lain itu, ada banyak keuntungan yang akan dirasakan oleh pelanggan. Antara lain pelanggan bisa melakukan roaming dan SMS internasional, coverage layanan yang lebih luas karena berbasis pada BTS milik Telkomsel, tidak perlu melakukan combo saat ke luar kota, serta mendapatkan kecepatan akses internet broadband yang lebih tinggi. Jika sebelumnya Flexi menawarkan kecepatan internet up to 3,1 Mbps, maka dengan upgrade ini, pelanggan bisa merasakan kecepatan up to 14,4 Mbps.
“Soal nomor, kami akan mengusahakan lima digit terakhir sama dengan nomor sebelumnya agar pelanggan tidak susah menghafal. Namun itu semua bergantung dengan ketersediaan yang ada,” sambungnya.
Lantas bagaimana dengan handset pelanggan? Untuk urusan ini, Telkom sudah menyiapkan dua skenario. Pertama dengan memberikan kompensasi pulsa Telkomsel selama 1 tahun, dan kedua voucher diskon untuk pembelian handset GSM di Plasa Telkom.
“Untuk mendapatkan upgrade layanan Flexi ke Telkomsel ini pelanggan akan menerima pemberitahuan via SMS. Bagi pelanggan yang telah menerima SMS dari Telkom 147, bisa langsung datang ke Plasa Telkom terdekat, yakni di Blimbing-Kota Malang, Kepanjen dan Kota Batu,” pungkasnya. (nda/fia)