Kampanyekan Internet Murah ala Zuckerberg

BANGGA : Mark Zuckerberg bersama Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL dan direksi XL di Four Seasons Hotel, Jakarta dalam acara kerjasama antara Facebook, Ericsson dan XL untuk meningkatkan kinerja jaringan internet.

JAKARTA - Mark Zuckerberg sadar ia tak akan bisa mendorong penetrasi Facebook lebih jauh lagi dari angka satu miliar pengguna jika koneksi internet masih sulit diperoleh dan tarifnya yang masih mahal.
Itu sebabnya, pendiri sekaligus CEO jejaring sosial terbesar di muka bumi ini terus mengkampanyekan masalah ini melalui forum yang ia buat bersama dengan sejumlah perusahaan dalam wadah internet.org.
"Baru satu pertiga dari penduduk dunia memiliki akses internet, sedangkan dua pertiga sisanya belum terkoneksi dengan internet. Banyak batasan infrastruktur, network, serta keterbatasan ekonomi dan sosial," katanya di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (13/10) kemarin.
Masih rendahnya penetrasi internet, khususnya di negara-negara berkembang, membuat Zuckerberg merasa harus turun langsung ke lapangan untuk mendorong pertumbuhan internet lewat kerja sama strategis dengan semua stakeholder.
Dipaparkannya, ia telah menemui pucuk pimpinan negara-negara di Asia dan Indonesia untuk membicarakan kebijakan internet. Facebook pun juga menggandeng vendor jaringan dan operator seluler untuk terus mengkampanyekan program internet.org ini.
Zuckerberg berharap, dengan aksi blusukannya ini bisa membawa perubahan. Dan keterbatasan ekonomi yang menjadi salah satu penghalang bagi sebagian besar masyarakat dunia kelas menengah ke bawah untuk mengakses internet bisa dicarikan solusinya.
"Itu sebabnya kami mendorong layanan data yang efisien dan murah. Facebook, Ericsson, dan XL, akan memaksimalkan kondisi koneksi internet di Indonesia agar semua orang bisa menggunakan layanan internet," katanya.
Internet.org merupakan kampanye yang diinisiasi Facebook dengan visi membuat semua orang di dunia terhubung dengan koneksi internet. Zuckerberg menggandeng perusahaan teknologi lain untuk mendukung visi tersebut.
"Kami senang berkolaborasi dengan Ericsson dan Facebook sebagai bagian dari komitmen XL untuk terus memberikan pengalaman pelanggan yang menyeluruh dan lebih baik, khususnya dalam menggunakan layanan data," kata Hasnul Suhaimi, Presiden Direktur XL Axiata.
Ia menambahkan, ini adalah pertama kalinya di dunia dimana operator, provider teknologi jaringan, dan provider aplikasi bekerjasama dalam satu proyek.
"XL bangga telah dipilih oleh Facebook sebagai mitra operator di Indonesia. Kami yakin bahwa app coverage merupakan hal yang penting dan apa yang terlihat dalam menggunakan aplikasi Facebook pada network-wide statistics telah terbukti menjadi sebuah cara yang inovatif dan efisien untuk mendeteksi dan memberikan kesempatan dalam mengoptimalkan jaringan telekomunikasi dan aplikasi," jelasnya. (dtc/aim)