Perkuat Kecepatan Jaringan Komunikasi

Foto: Irwan Haryanto, Kencono Wibowo dan Desy Sari Dewi mencoba salah satu gadget di XL Corner Hitech Mall Surabaya,

PT XL Axiata Tbk., akan terus mengucurkan investasinya di Malang dan Surabaya, menyusul tuntutan kecepatan dan kelancaran jaringan telekomunikasi seluler. Bahkan, operator berbasis GSM ini telah mengalokasikan jutaan dollar dananya khusus di dua kota terbesar di Jatim ini.
‘’Tahun ini dan ke depan kami akan terus mengembangkan pelayanan untuk Malang dan Surabaya,’’ kata Kencono Wibowo, Deputy CCO XL East and North disela peresmian XL Corner di Hi Tech Surabaya Mall, Rabu kemarin.
Dikatakan Wibowo, keseriusan  pihaknya meningkatkan kualitas pelayanan di kedua kota diwujudkan dengan menyediakan investasi antara US 3 juta – US 10 juta. Bentuknya, tidak lain dengan cara menambah kapasitas jaringan yang sudah ada.
‘’Untuk Malang dan Surabaya kami alokasikan antara US 3 juta sampai US 10 juta. Apalagi, permintaan kecepatan dan kelancaran di Malang dan Surabaya, saat ini, sangat besar sekali,’’ ujar mantan pimpinan XL di Malang ini.
Secara detail, Wibowo lantas menggambarkan, bentuk kebutuhan kecepatan dan kelancaran dimaksudkan. Misalnya, untuk kebutuhan data face book atau email mungkin sebulan cukup menghabiskan 2 MB saja.
‘’Tetapi, karena sudah mulai pintar mengoperasikan internet akhirnya meningkat. Mulai masuk youtube atau streaming. Dan kalau sudah begitu tidak mungkin hanya dengan sebesar itu. Minimal dibutuhkan 100 hingga 300 Mega per bulan,’’ katanya.
Disebutkan dia, pemenuhan permintaan dimaksudkan tadi akan dilakukan secara dynamic capacity. Artinya, jika pada satu titik ditemukan trafik komunikasi yang tinggi maka disitulah kapasitas kecepatananya akan ditambah.
Bentuk teknis penambahan, lanjut dia, bisa dengan berbagai cara. Antara lain peningkatan titik base transceiver station (BTS) maupun fasilitas lainnya. Dan, saat ini, operator telah melayani lebih dari 12,6 juta pelanggan.
‘’Kalau dibutuhakn BTS ya kita bangun BTS. Tapi kalau di titik itu cukup dengan receiver, ya kita sediakan receiver saja,’’ rincinya dengan menyebut sekarang ini jaringan East Region diperkuat 7.000 BTS baik 2G maupun 3G.
Sementara itu dalam pembukaan XL Corner di Hi Tech Mall, XL mentarget ada penambahan pelanggan 100 orang/hari. Setelah di Hi Tech Mall, XL akan segera membuka konter sejenis di WTC Surabaya dan Marina Plaza. (has)