Harga Ramah di Kantong

MALANG – Pabrikan notebook Hewlett Packard (HP) memiliki satu koleksi andalan di tahun ini. HP Notebook 10-F001 AU, laptop berukuran 10 inci yang memberikan kenyamanan bagi pengguna dengan mobilitas tinggi, namun dengan spesifikasi yang terkini.
HP Notebook Pavilion 10-F001 AU merupakan notebook yang diluncurkan untuk menunjang pengguna dengan mobilitas tinggi. Pasalnya, dengan ukuran yang tipis dan bobot yang ringan, membuat notebook ini gampang dibawa. “Beratnya hanya 1,1 kg saja. Ukuran 10 inci diagonal sangat cukup untuk memberi display sang pengguna,” ujar Sales HP Store Megastar Malang, Dewi Indra Yanti.
Menurut dia, perangkat ini memiliki keunggulan dengan proses start up yang cepat. Sebab, dengan teknologi Windows 8.1, perpindahan aplikasi menjadi cepat, dan pengguna sangat gampang ketika memindah atau mengoperasikan files.
HP Pavilion 10-f001AU yang dibandrol di kisaran Rp 2.4 jutaan ini sangat murah bila dilihat telah menggunakan CPU AMD Dual Core A4 – 1200, yang memiliki kecepatan cukup tinggi. “Bila seri terdahulu masih menggunakan Intel Atom, maka seri ini sudah dual core, sudah di atas Pentium dan Celeron yang masih single core,” beber dia kepada Malang Post.
Perangkat ini memiliki kecepatan 1.0 Ghz, menyesuaikan dengan ukuran dan harganya yang mini. Akan tetapi, RAM yang digunakan laptop ini berkapasitas 2 GB. “Konsumen bisa menambahkan keping RAM menjadi 4 GB, menjadi daya tarik dari notebook ini,” tambahnya.
Dia menyebutkan,  kelebihan HP Pavilion 10-f001AU lainnya ada pada bentuknya yang terlihat mahal dan HP mencoba untuk memaksimalkan ukuran keyboardnya untuk memudahkan pengguna dalam mengetik. Di bagian seputar keyboardnya pengguna tidak akan menemukan sebuah frame atau bezel yang sangat tebal karena ukuran keyboard dibuat besar dari ujung ke ujung dan memiliki model chicklet yang tampil lebih mewah.
Meskipun murah, HP tidak ingin memberikan konsumennya laptop murahan yang memiliki teknologi terbelakang dibandingkan dengan laptop highend yang di pasaran saat ini. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan teknologi layar LED anti glare yang membuat pengguna bisa melihat layarnya dengan jelas meskipun terkena sorotan cahaya matahari.” Penggunaan LED juga lebih rendah daya dan membuatnya lebih hemat baterai,” imbuhnya.
Laptop  ini juga sudah dibekali dengan teknologi port USB 3.0 terbaru yang dapat membaca dan menulis data lebih cepat dibandingkan dengan USB 2.0 yang tersedia di pasaran. Tidak tanggung-tanggung seperti laptop murah kebanyakan yang hanya menyediakan satu buah port USB 3.0 saja, seri ini telah mendapatkan 3 buah sekaligus atau semua port USB di laptop ini sudah dibekali dengan teknologi USB 3.0.
Daya tarik lain, HP Pavilion 10-F001AU kartu grafisnya yang sudah menggunakan seri AMD Radeon HD 8180G.  Nama Radeon diyakini lebih menjanjikan ketimbang Intel HD yang sama-sama sudah dapat mengeluarkan output gambar dengan resolusi Full HD 1920 x 1080.
“Cukup menjanjikan performa dan penampilan dari laptop yang harganya ramah di kantong ini,” pungkas dia. (ley)