Masak Apa, Aplikasi Tanpa Koneksi Internet

MALANG - Pengguna smartphone yang gemar memasak, bisa memilih beraneka ragam aplikasi resep yang kini bermunculan. Salah satunya aplikasi Masak Apa, yang mempermudah pengguna mencari resep masakan yang dapat diakses meski tanpa koneksi internet setelah sebelumnya sudah didownload oleh pengguna.
"Aplikasi resep ini dapat didownload setiap edisi. Konten yang sudah didownload selanjutnya dapat diakses kapanpun," ujar Leader Customer Service Global Teleshop Malang, Silvy Novita.
Dia menyampaikan, nilai lebih itu bisa memudahkan pengguna yang membutuhkan resep untuk memasak. Misalnya ingin memasak olahan tuna, maka dalam aplikasi Masak Apa ini, pengguna akan mendapat langkah menciptakan masakan yang lezat.
"Malahan ada yang berbentuk video. Sehingga lebih jelas bentuk dan bahan yang mesti diolah, sesuai dengan arahan. Tanpa koneksi internet, masih bisa diputar," beber dia kepada Malang Post.
Silvy menjelaskan, edisi resep yang didownload akan tersimpan di menu Koleksi. Untuk mempermudah mencari resep favorit, dapat memilih icon bintang di halaman resep, dan resep akan masuk ke dalam menu Favorit.
"Pengguna aplikasi dapat membuat catatan daftar belanja dari suatu resep. Caranya dengan memilih icon daftar belanja di halaman detail resep yang sedang  dibuka," imbuhnya.
Dalam aplikasi ini, terdapat Menu Rekomendasi yang akan selalu menyajikan resep memasak sarapan, makan siang, dan makan malam. Resep tersebut, sebelumnya sudah diuji sehingga kualitas rasanya dijamin ketika mengukuti resep sesuai anjuran.
Menurut Silvy, aplikasi yang masih sekitar tiga bulanan ini belakangan kian digandrungi, sebab selalu menyajikan resep-resep terbaru. Banyak ide memasak yang bakal ditemukan melalui aplikasi ini.
"Smartphone pun bermanfaat, tidak hanya menyimpan file multimedia. Tetapi bisa menunjang keluarga melalui aplikasi unggulannya, terutama bagi ibu rumah tangga," godanya.
Berbagai macam smartphone bisa diinst dengan aplikasi Masak Apa ini. Mulai dari iPhone, Blackberry, maupun Android. Kebutuhan untuk menjalankan aplikasi ini tidak besar, cukup minimal gunakan BlackBerry OS 5, Android 1.6, ataupun iOS versi 3.0. (ley/oci)