Resolusi Lebih Padat Ketimbang HDTV

MALANG - Bagi penggemar smartphone besutan Apple, harga mahal pun tidak menjadi persoalan. Termasuk untuk membeli koleksi iPad Mini Retina Wifi 3G yang mengagumkan akan kualitas gambar karena menggunakan layar retina.
"Perangkat ini memang premium. Tetapi penggemar gadget tidak mempersoalkan harganya karena mendapat kualitas iPad yang bagus," ungkap Head Store Erafone Malang, Rizki Cahyono.
Menurut dia, dengan layar retina, dari sisi mana pun pengguna melihat perangkat akan terlihat mengagumkan karena mendapati kualitas layar yang istimewa. Kini, iPad mini bahkan terlihat lebih luar biasa dengan layar retinanya berukuran 7.9 inci dan memiliki lebih dari 3,1 juta piksel warna atau satu juta lebih banyak dibandingkan dengan HDTV.
"Resolusi sebesar 2048x1536, terbukti empat kali resolusi iPad mini generasi sebelumnya. Bahkan, pikselnya begitu rapat, hingga mata tidak bisa membedakannya," papar pria yang akrab disapa Kiki ini.
Kiki menerangkan, secara kasat mata kameranya hanya sebesar 5 MP saja. Namun, dengan kamera iSight sebesar 5 megapiksel pada perangkat ini mampu mengabadikan semua momen dengan hasil berkualitas. Dengan menggunakan layar retina sebagai pembidik praktis sehingga membingkai gambar yang sempurna.
Ketika memotret, sinyal gambar dalam chip A7 bekerja dengan kamera yang melakukan banyak penyesuaian sehingga dapat menghasilkan gambar atau video berkualitas tinggi secara otomatis.
Menurut dia, layar retina juga mempengaruhi hasil foto dan video sehingga memiliki detail yang luar biasa dan teks yang tajam.
"Masih lebih bagus ketimbang kompetitor yang menggunakan layar Super Amoled sekalipun," kata dia kepada Malang Post.
Dia menjelaskan, meskipun dalam bentuk mini, kinerjanya juga dijamin lebih cepat. Berbekal chip A7, arsitektur yang dihasilkan sekelas dekstop 64 bit. Chip ini membuat menjadi lebih cepat hingga 4x lipat dan performa grafisnya 8x lipat lebih unggul dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
"Jadi, chip ini menghadirkan tenaga dan performa yang luar biasa dalam perangkat yang berukuran hanya dalam satu genggaman tangan saja," imbuhnya.
Tidak hanya itu, Apple juga menyajikan prosesor M7. Ini menjadi alasan mengapa perangkat premium ini begitu bertenaga namun baterainya cukup hemat. Sebab, fungsi dari M7 ialah mengurangi beban dari chip A7 dalam mengumpulkan informasi gerakan dari iPad mini agar aplikasi ini dapat menyesuaikan dengan fungsinya.
Dia menyebutkan, untuk kapasitas memori pengguna bisa bebas memilih. Untuk saat ini, yang beredar di pasaran kebanyakan sebesar 64 GB. "Yang paling laris pada seri ini," tegas dia. (ley/fia)