Perkasa dengan Zoom 16x

ULTRA ZOOM: Selain memiliki bodi yang tipis, Lumix RZ20 juga dibekali kamera yang mampu melakukan pembesaran hingga 16x.

MALANG - Panasonic Lumix dianggap sebagai pionir kamera digital yang memiliki zoom panjang dalam form factor slim. Salah satunya tipe Lumix TZ20 yang merupakan kelas kamera slim-ultrazoom. Kamera ini sangat ramping dan memiliki rentang zoom 16x dan memiliki layar sentuh.
Sales Fanuel Kamera Cyber Mall, Hendra Iman Cahyanto menyampaikan, kamera ini unggul pada sisi bodi yang sangat ramping. "Bodinya sangat tipis dengan kemampuan ultra zoom yang maksimal mencapai 16 x," tegasnya.
Menurut dia, dengan zoom sebanyak itu, pengguna kamera ini seakan mengoperasikan kamera besar. Tetapi pada kenyataannya, ukuran kamera hanya satu genggaman saja atau saku saja
Selain itu, dengan sensor kamera sebesar 14 MP, pengguna akan disuguhi hasil jepretan yang tidak mengecewakan. Bila objek yang dibidik terlalu jauh, ultra zoom akan menunjang sang pengguna.
Dia menerangkan, perangkat ini memiliki tombol pengaturan tidak sebanyak pendahulunya. Hal itu bisa terjadi berkat tersedianya layar sentuh. "Layar sentuh memudahkan pengoperasian kamera," terang dia.
Hendra merinci, ada sebuah tombol yang sebelumnya tak ditemui di kamera Panasonic, yaitu tombol “Exposure”. Dengan adanya tombol ini, dapat lebih mudah menggunakan mode pemotretan manual atau semi-manual.
Pada bagian atas kamera terlihat cukup penuh dengan tombol. Misalnya speaker, modul GPS, mic stereo, mode dial, tombol shutter foto, tombol perekaman video, dan switch power.
Menurutnya, terdapat built-in GPS memungkinkan geotagging di foto. Dengan demikian, saat pengguna mengimport foto ke PC atau mengunggahnya ke situs jejaring sosial, foto itu akan dapat ditempatkan di peta secara otomatis.
"Sedangkan perekaman dengan video Full HD (1920 x 1080 / 60i) dengan Dolby Digital Stereo optical zoom dapat digunakan saat merekam," papar dia panjang lebar.
Namun, tidak tersedia banyak fitur untuk GPS pada TZ20. Pengguna dapat mengaktifkan GPS secara terus-menerus, bahkan pada saat kamera dalam keadaan mati. Selain itu, juga dapat mengatur GPS hanya aktif saat kamera menyala (flight mode) atau dimatikan sama sekali.
Kamera seharga Rp 3 juta ini juga dilengkai Port HDMI dan port digital out untuk memudahkan koneksi pemindahan data. (ley/fia)